Jawabanmu

2014-06-24T18:08:51+07:00
Sejarahnya pada tanggal 3 oktober 1943  terdapat maklumat dari Jepang bernama osamu seirei no 44 ole letnan jendral kumakichi harada sebagai tentara sukarela. Pelatihan pasukan Peta tersebut dipusatkan di Bogor
sekian ~ kurang lebinya mohon maaf 
semoga membantu
Jawaban paling cerdas!
2014-06-24T18:09:45+07:00
Tentara Sukarela Pembela Tanah Air atau PETA (防衛強度義勇軍 kyōdo bōei giyūgun?) adalah kesatuan militer yang dibentuk Jepang di Indonesia dalam masa pendudukan Jepang. Tentara Pembela Tanah Air dibentuk pada tanggal 3 oktober 1943 berdasarkan maklumat Osamu Seirei No 44 yang diumumkan oleh Panglima Tentara Ke-16, Letnan Jendral Kumakichi Harada sebagai Tentara sukarela. Pelatihan pasukan Peta dipusatkan di kompleks militer bogor yang diberi nama Jawa Boe-i Giyugun Kanbu Resentai.Tentara PETA telah berperan besar dalam Peran Kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh nasional yang dulunya tergabung dalam PETA antara lain mantan presiden Soeharto dan Jendral Besar Soedirman. Veteran-veteran tentara PETA telah menentukan perkembangan dan evolusi militer indonesia, antara lain setelah menjadi bagian penting dari pembentukan  (BKR), (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat,  (TRI) hingga akhirnya TNI. Karena hal ini, PETA banyak dianggap sebagai salah satu cikal bakal dari Tentara Nasional Indonesia
1 5 1