Pada tanggal 1 mei 2014 Maya meminjam uang kepada yanti sebesar 10jt dan ia dikenakan bunga 18%.pada tanggal 31 juli 2014 ia membayar 5jt dan kemudian 4jt pada tanggal 30 september 2014.berapakah saldo pinjaman yg tersisa per 31 oktober 2014.

tolong dibantu :-)

2
bulan? gede amat
aduhh nggak jls jga soalnya.yah klo bulan gede,mungkin tahun?
saya gak tahu, biasanya sih tahun
pliss banget jadiin jawaban saya yang terbaik soalnya saya perlu
Thanks ya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-24T15:20:02+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bunga per tahun = 18%
Samapi bulan juli = 3bulan, bunganya = 4,5%
bunganya = 4,5/100x10jt = 450.000
jadi seluruhnya 10.450.000-5jt = 5.450.000
Bunga bulan berikutnya = 2bulan = 3%
bunganya = 300rb
= 5.750.000-4jt
= sisa = 1.750.000
bunga berikutnya = 1,5%
bunganya = 150rb
total = 1.900.000


2 5 2
2014-06-24T15:21:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui =
pinjaman = Rp. 10.000.000,-
bunga = 18 %
Membayar =
31 Juli 2014 sebanyak Rp. 5.000.000,-
30 September 2014 sebanyak Rp. 4.000.000,-

Ditanya = Saldo pinjaman tersisa 31 Oktober 2014 = ...?

Jawab =
bunga = 10.000.000 × 18 % x 5/12
          = 10.000.000 ×  \frac{18}{100} ×  \frac{5}{12}
          = Rp. 750.000,-
tagihan = pinjaman + bunga
            = 10.000.000 + 750.000
            = 10.750.000,-

10.750.000 - (5.000.000 + 4.000.000)
= 10.750.000 = 9.000.000
= Rp. 1.750.000,-