Jawabanmu

2014-06-24T08:40:32+07:00
Istidlal mencari dalil untuk mencapai tujuan yang diminta sedangkan istinbath upaya mengeluarkan hukum dari sumbernya
2014-06-24T10:49:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kata Istidlal berasal dari kata Arab. Akar kata istidlal adalah dari kata “daal”, yang berarti mengambil dalil atau kesimpulan yang diambil dari dari petunjuk yang ada. Sedang arti dalil sendiri adalah petunjuk. Petunjuk untuk digunakan untuk mendapatkan satu kesimpulan.
contoh :
 Bahwa adanya api di balik tembok adalah atas dasar itu kita berdalil dengan adanya asap yang mengepul di atasnya. Atau:-          Karena A = B –sedang B = C – maka hasilnya A = C. dalam hal ini dasar kita mengatakan A = C adalah atas dasar karena A = B –sedang B = C.


Istinbat : adalah daya usaha membuat keputusan hukum syarak berdasarkan dalil-dalil al-Quran atau Sunnah yang sedia ada.
contoh : 
Potong tangan bagi pencuri disebut dalam al-Quran yang bermaksud:
Dan orang lelaki Yang mencuri dan orang perempuan Yang mencuri maka (hukumnya) potonglah tangan mereka sebagai satu balasan Dengan sebab apa Yang mereka telah usahakan, (juga sebagai) suatu hukuman pencegah dari Allah. dan (ingatlah) Allah Maha Kuasa, lagi Maha Bijaksana. (al-Maidah: 38)
3 4 3