Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-22T20:25:34+07:00
     mol C : mol H                      ingat! (mol = gram / Ar)
84% / 12 : 16% / 1
           7 : 16

x.Ar C + y.Ar H = Mr                
           12x + y = 100
      12(7) + (16) = 100
            84 + 16 = 100 .......... (terbukti) 

rumus molekulnya CxHy = C₇H₁₆
2014-06-22T20:30:20+07:00
Rumus empiris=
mol C= Massa:ar= 84:12=7
mol H= Massa:ar= 16:1=16

C : H = 7 : 16 = C7H16
rumus molekul = Mr= n x ar
100= n x (12x7+1x16)
n=1

maka, Rumus molekul= (rumus empiris)n
(C7H16)1= C7H16