Suatu bnda berjarak 0,2 m di depan cermin cembung. Jika bayangan yang terbentuk 1/5 kali tinggi benda, tntukan a) jarak bayangan, b) panjang fokus, c) sifat bayangan

Jawab dengan lengkap ya, gak lengkap aku laporin, makasi :)

2

Jawabanmu

2014-06-22T12:34:35+07:00
So = 0,2 m ⇒ 20 cm
M = 1/5 kali tinggi benda 

Maka :
a) si =  \frac{soxf}{so-f}  \frac{20x4}{20-4}  \frac{80}{16} = 5 cm
b) fokus = 1/5 x 20 cm = 4 cm
c) sifat bayangan = diperkecil, maya, tegak

maaf kalo salah, mohon dikoreksi lagi
Jawaban paling cerdas!
2014-06-22T13:18:12+07:00
Diketahui :
Jarak benda (s) = 20 cm
Tinggi bayangan (h’) = 1/5 h = 0,2 h
Tinggi bayangan (h) = h

Jawab :

a) Jarak bayangan (s’)

Rumus perbesaran bayangan :
M = h’/h = 0,2h/h = 0,2 kali
Perbesaran bayangan bertanda positif artinya bayangan tegak.
Perbesaran bayangan (M) lebih kecil dari 1 artinya bayangan diperkecil.
Jarak bayangan (s’) :
Hitung jarak bayangan menggunakan rumus perbesaran bayangan M = -s’/s
-s’ = M s
s’ = – M s = -(0,2)(20 cm) = -4 cm
Jarak bayangan bertanda negatif artinya bayangan bersifat maya. Bayangan terletak di belakang cermin dan tidak dilalui berkas cahaya. 
 
b) Panjang fokus (f)

Jarak fokus (f) :
1/f = 1/s + 1/s’ = 1/20 – 1/4 = 1/20 – 5/20 = -4/20
f = -20/4 = -5 cm
Jarak fokus bertanda negatif karena titik fokus cermin cembung tidak dilalui berkas cahaya.
 
c) Sifat bayangan

Sifat bayangan :
- Tegak
- Diperkecil artinya ukuran bayangan lebih kecil daripada ukuran benda
- Maya artinya bayangan tidak dilalui berkas cahaya karena terletak di belakang cermin cembung.
2 5 2