Sebuah perusahaan sari buah mempunyai bak penampungan yang berbentuk tabung dengan diameter 70 cm dan tinggi 1,5 m. Sari buah tersebut untuk sampai ke konsumen dikemas dalam bentuk kerucut dengan alas mempunyai keliling 44 cm dan tinggi 1,5 cm. Sekali produksi menghasilkan 3 tabung sari buah. Jika semua hasil produksi terjual habis pada 12 wilayah sama banyak, maka setiap kali produksi untuk tiap wilayah menghabiskan...kemasan
(sama caranya)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-22T12:53:51+07:00
4Vtabung/ V kerucut
=4π35.35.150 / 1/3π7.7.1,5
tiap wilayah = 30000 / 12 = 2500
maaf kalau salah
Ini soal tes masuk SMA t?

2 5 2
2014-06-22T13:26:16+07:00
Jari-jari tabung d/2 = 70/2 = 35 cm dan tinggi = 1,5 m = 150 cm
Vol tabung = luas alas x tinggi
                 = πr² x 150
                 = (22/7)(35)(150)
                 = 16500 cm³
Keliling alas kerucut = 2πr
             44                = 2(22/7)r
             22                = (22/7)r
               r                 = 22/(22/7) = 7 cm      dan    tinggi kerucut = 1,5 cm
Luas alas kerucut    = πr² = (22/7) x 7² = 22 x 7 = 154 cm²
Vol kerucut                = (1/3) x luas alas x tinggi
                                 = (1/3) x 154 x 1,5
                                 = 77 cm³
Vol tabung : Vol Kerucut = 16500 : 77 = 214,286 ≈ 214
Tiap wilayah 214 : 12 = 17,833 ≈ 18 buah  atau
Tiap wilayah 18/3 = 6 kemasan