Jawabanmu

2014-06-21T13:50:05+07:00
Fluida statis
tekanan hidrostatik
tekanan hidrostatik didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karna pengaruh gaya gravitasi. sedangkan asas bejana berhubungan merupakan suatu peristiwa dimana suatu bejana bejana berhubugan diisi oleh zat cair yang sama dan dalam keadaan setimbang maka tinggi permukaan zat cairpun sama da bejana terletak pada sebuah bidang datar.sepertihalnya sebuah teko yang diisi air,meskipun mulut teko berbeda namun permukaan air tetap terlihat mendatar tidak mengikuti bentuk teko itu sendiri.kalau begitu,apa yang terjadi jika bejana  berubungan atau pipa kapiler tersebut diisi zat cair yang berbeda?yang akan terjadi pada zat cair tersebut akan memiliki tinggi permukaan yang berbeda pula,dimana ketinggian bergantung pada masa jenis zat cair tersebut.zat cair dengan masa jenis terbesar akan berada pada posisi paling bawah dibanding zat cair yang memiliki masa jenis terkecil.misalkan kita campur minyak dan air.dua zat tersebut tidak akan saling bercampur.karna air memiliki massa jenis 1000kg/m3 dan lebih besar dari minyak sebesar 800kg/m3.maka posisi minyak berada diatas air.
contoh kasus: pipa u diisi oleh zat cair yang berbeda memilki ketinggian yang berbeda.persamaan kasus ini,berlaku tekanan hidrostatik.dimana tekanan pada bejana,tekanan zat cair akan sama pada ketinggian yang sama.
contoh soal : sebuah bejana berbetuk pipa u berisi air dan zat cair lainnya dengan ketinggian yang berbeda,jika massa jenis air 1 gr/cm*3,berapakah massa jenis zat cair yang lain tersebut!
JAWAB : 8=x.10
               x=8/10=0,8gr/cm3  
Jawaban paling cerdas!
2014-06-21T14:28:54+07:00
Formulasi bejana berhubungan
P = P
ρ . g h₁ = ρ. g. h₂

Contoh soal
Diketahui sebuah bejana berhubungan diisi dengan yang air (ρ = 1g/cm³); lalu dimasukan raksa (ρ = 13,6g/cm) setinggi 10 cm. Berapa tinggi air yang naik?

ρ . g . h = ρ . g. h
1 . g . h = 13,6 .g .10
h = 136 cm
1 5 1