Tujuh tahun yng lalu umur seorang dokter sama dengan 6 kali umur pasiennya. empat tahun yang akan datang, 2 kali umur dokter sama dengan 5 kali umur pasien itu di tambah 9 tahun. umur dokter sekarang berapa ?

A. 39
B. 43
C. 49
D. 54
E. 78

2

Jawabanmu

2014-06-21T11:29:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tujuh tahun lalu=x=6y
empat tahun kemudian=2x=5y+9
kalo cara saya kira2 ketemunya B.43 kalo ga percaya masukkin aja
bisa di jabarin caranya ?
x-7=6y
x=umur dokter y=umur pasien
Jawaban paling cerdas!
2014-06-21T15:35:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
tujuh tahun yng lalu umur seorang dokter sama dengan 6 kali umur pasiennya. empat tahun yang akan datang, 2 kali umur dokter sama dengan 5 kali umur pasien itu di tambah 9 tahun. umur dokter sekarang berapa ?
Jawaban :
Untuk menyelesaikan soal model diatas dapat menggunakan metode eliminasi ataupun subtitusi, tapi kali ini kita gunakan metode eliminasi :

Pertama, kita memisalkan :

Umur Dokter Sekarang = d
Umur Pasien Sekarang = p

Kedua, Buat persamaan/model matematika berdasarkan soal :
[1] tujuh tahun yng lalu umur seorang dokter sama dengan 6 kali umur pasiennya :
d - 7 = 6(p - 7)
⇒ d - 7 = 6p - 42
⇒ d - 6p = - 42 + 7
⇒ d - 6p = - 35.............(1)

[2] empat tahun yang akan datang, 2 kali umur dokter sama dengan 5 kali umur pasien itu di tambah 9 tahun :
2(d + 4) = 5(p + 4) + 9
⇒ 2d + 8 = 5p + 20 + 9
 2d - 5p = 20 + 9 - 8
⇒ 2d - 5p = 21................(2)

Ketiga, Eliminasi persamaan 1 dan 2 :
 d - 6p = - 35   |×2 | ⇒  2d - 12p = -70
2d - 5p = 21     |×1 | ⇒  2d - 5p   = 21   -
                                      - 7p   = -91
                                           p   = -91/-7
                                           p   = 13

Keempat, Subtitusi p = 3, ke persamaan 1 untuk mendapatkan umur dokter :
d - 6p = - 35
d - 6(13) = -35
d - 78 = - 35
d = - 35 + 78
d = 43

Jadi umur Dokter sekarang ialah 43 tahun

4 4 4