Ayah Amir hendak bepergian ke Solo dengan menggunakan mobil, sedangkan Amir akan menggunakan sepeda motor. Jarak rumah Amir dengan kota Solo sejauh 120 km. Ayah Amir berencana berangkat jam 07.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jika kecepatan Amir rata-rata 90 km/jam. Maksimal jam berapakah Amir harus berangkat agar bersamaan dengan Ayahnya tiba di Solo?

Mohon berikan jawaban dan cara yang jelas.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-20T23:30:56+07:00
L = 120 km
V₁ = 60 km/jam
Mka
T = L/V = 2 jam
Maka ayah sampai jam 09.00

Sedangkan amir V₂ = 90
Berarti
T = L/V = 120/90
= 1 jam 20 Menit

Maka 09.00 - 01.20
= 07.40

:)
1 5 1
2014-06-20T23:31:54+07:00
1. hitung waktu ayah saya sampai ke solo
t1 = s/v1
    = 120/60
    = 2 jam
berarti ayah saya sampai di solo pukul 09.00 (07.00+02.00)

2. hitung waktu saya mengejar ayah saya
t2 = s/v2
    = 120/90
    = 1,3 jam
berarti waktu paling telat saya berangkat adalah pukul 7.42 (09.00-01.18)

1 jam kan 60 menit
adeh... saya salah -_-