Jawabanmu

2014-06-20T14:17:03+07:00
Infeksi keremi ringan atau mereka yang tanpa gejala tidak membutuhkan pengobatan. Jika seseorang memiliki gejala, perlu obat anti-parasit. Untuk gejala infeksi, obat-obatan hampir selalu efektif dalam menghilangkan parasit. Karena anak-anak begitu mudah menyebar cacing kremi kepada keluarga mereka, dokter akan meresepkan obat untuk seluruh anggota keluarga mencegah agar terhindar dari infeksi dan reinfeksi.
Cara terbaik untuk menghindari penyakit cacingan adalah dengan upaya pencegahan berupa melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, karena walau bagaimanapun upaya pencegahan lebih baik daripada pengobatan.
Menjaga kebersihan perorangan berperan penting untuk pencegahan penyakit ini, antara lain dengan :
 Kuku hendaknya selalu dipotong pendek
 Tangan hendaknya selalu dicuci sebelum makan
 Makanan sebaiknya dihindarkan dari debu dan tangan yang mengandung parasit
 Pakaian dan alas kasur hendaknya dicuci bersih dan diganti setiap hari.
Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi cacing kremi, sebaiknya pengobatan diberikan kepada seluruh keluarga, agar penyebaran cacing ini dapat dihentikan secara menyeluruh.
Seluruh anggota keluarga sebaiknya diberi pengobatan bila ditemukan salah seorang anggota mengandung cacing kremi. Obat piperazin dosis tunggal 3-4 gram (dewasa) atau 25 mg/kg berat badan (anak-anak), sangat efektif bial diberikan pagi hari diikuti minum segelas air sehingga obat sampai ke sekum dan kolon. Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual dan muntah. Obat lain yang juga efektif adalah pirantel pamoat dosis 10 mg/kg berat badan atau mebendazol dosis tunggal 100 mg atau albendazol dosis tunggal 400 mg. Mebendazol efektif terhadap semua stadium perkembangan cacing kremi, sedangkan pirantel dan pipreazin dosis tunggal tidak efektif terhadap stadium muda. Pengobatan sebaiknyadiulang 2-3 minggu kemudian. Pengobatan secara periodik memberikan prognosis yang baik.
Infeksi cacing kremi dapat disembuhkan melalui pemberian dosis tunggal obat anti-parasit mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat. Seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya.
Untuk mengurangi rasa gatal, bisa dioleskan krim atau salep anti gatal ke daerah sekitar anus sebanyak 2-3 kali/hari.
Meskipun telah diobati, sering terjadi infeksi ulang karena telur yang masih hidup terus dibuang ke dalam tinja selama seminggu setelah pengobatan. Pakaian, seprei dan mainan anak sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.
Langkah-langkah umum yang dapat dilakukan untuk mengendalikan infeksi cacing kremi adalah:
 Mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar
 Memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku
 Mencuci seprei minimal 2 kali/minggu
 Mencuci jamban setiap hari
 Menghindari penggarukan daerah anus karena bisa mencemari jari-jari tangan dan setiap benda yang dipegang/disentuhnya
 Menjauhkan tangan dan jari tangan dari hidung dan mulut.
2014-06-20T14:45:29+07:00
Salah satu langkah yang paling penting dalam secara alami menghilangkan cacing kremi dari tubuh adalah membangun kesehatan yang baik. Meskipun Anda membersihkan tubuh Anda dari parasit, Anda juga ingin memastikan bahwa Anda tidak mentransfer cacing kremi kepada orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan Anda menginfeksi orang lain. Bersihkan tempat tidur, pakaian, atau bahan lain yang telah bersentuhan dengan rektum untuk membasmi telur cacing. Cuci pakaian dan selimut sesering mungkin. Bersihkan setiap permukaan yang mungkin telah Anda sentuh untuk membersihkan setiap telur yang mungkin berdiam di sini.

Selain membersihkan rumah Anda, Anda harus menjaga tangan Anda sebersih mungkin setiap saat. Hindari menggaruk karena hal ini akan membantu menyebarkan telur. Jika Anda menggaruk, segera cuci tangan Anda. Anda juga harus mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum Anda makan atau minum. Cobalah untuk mencuci tangan sebelum melakukan kontak dengan orang lain, hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menyebarkan penyakit lebih lanjut.

Setelah Anda memastikan bahwa Anda tidak menyebarkan cacing kremi, Anda perlu berhati-hati dari orang-orang di dalam lingkungan Anda. Menambahkan probiotik untuk diet Anda akan memfasilitasi hal ini. Anda dapat mengambil probiotik dalam bentuk kapsul berbahan alami atau dengan mengkonsumsi makanan seperti yoghurt. Probiotik akan membantu merangsang sistem pencernaan Anda, yang akan menciptakan lingkungan yang tidak diinginkan untuk cacing kremi untuk hidup.

Bawang putih juga sangat efektif dalam membunuh cacing kremi. Tambahkan bawang putih sebagai bumbu dalam makanan Anda, atau ambil kapsul bawang putih dua sampai tiga kali sehari ketika Anda terpapar cacing kremi. Anda dapat menyimpan ini untuk beberapa minggu, atau sampai Anda melihat gejala iritasi Anda telah berhenti. Jika Anda melihat seseorang di rumah Anda menderita cacing kremi, Anda dapat mencampur dua siung bawang putih tumbuk dengan satu sendok teh madu sekali sehari untuk membantu mencegah infeksi.

Kurangi konsumsi gula Anda. Cacing kremi bertahan hidup dari gula dan pasangannya lebih agresif ketika mereka banyak mengkonsumsi gula, sehingga sangat penting untuk mencegah mereka dari mendapatkan nutrisi.

menurut saya meminum obat anti-parasit tersebut,,,dan memperbaiki daur hidup menjadi lebih baik,,,seperti cuci tangan sebelum makan dan lainnya,,percuma kalau parasit yang ada di tubuh kita sudah musnah,,tetapi kita mengulang daur hidup parasit tersebut,dan kembali lagi kedalam tubuh kita