Mengapa sebuah balok terapung diatas air?
Apakah karena gaya apung sama dengan berat balok/
massa jenis balok sama dengan massa jenis air/
massa jenis balok lebih besar drpd air/
gaya apung pada balok sm dengan tekanan udara yg bekerja pada bagian atas balok?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-19T11:49:09+07:00
Pertama kita pahami dulu bahwa tidak semua balok bisa mengapung...
balok pejal yang terbuat dari bahan bahan ringan bisa mengapung, tetapi balok pejal yang terbuat dari bahan logam dan batuan yang padat kemungkinan tidak bisa mengapung...
selain itu mengapung tidaknya balok juga bergantung pada ada tidaknya rongga udara dalam balok, udara ini selalu lebih ringan dari air sehingga menarik balok ke atas...
luar permukaan balok juga mempengaruhi, karena balok yang lebih luas membantu balok tersebut mengapung karena adanya tegangan permukaan air...
berat balok juga berpengaruh, apabila gaya archimedes lebih kecil daripada berat balok, maka balok tidak akan terapung... =)
1 5 1
2014-06-19T11:50:51+07:00
Itru terjadi karena massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis zat car tersebut, sehingga gaya ke atas zat cair lebih besar daripada gaya berat benda.
pzat cair > pbenda
atau
FA > w
1 5 1