Jawabanmu

2014-06-19T01:46:16+07:00
Umur Budi 12 tahun, faktorisasinya: 2, 2, 3 = 2², 3

fpb mereka 3, sehingga umur Iwan mempunyai faktorisasi terkecil 3. karena fpb merupakan bilangan yg sama dengan pangkat terkecil.

kpk mereka 60, rumus kpk: semua angka dikalikan. (angka yg sama cukup sekali)
jadinya 2².3.x = 60
4.3.x = 60
x = 5

jadi faktorisasi dari umur Iwan 3 dan 5 = 3.5 = 15 tahun

maaf ya kalo kurang jealas :D
5 2 5
Jawaban paling cerdas!
2014-06-19T01:49:42+07:00
Umur Budi = 12 tahun
umur Iwan = n+12 tahun

FPB = 3
KPK = 60

Cara menggunakan KPK
12 = 2² × 3
umur Iwan = 60 ÷ 2² =60 ÷ 4 = 15

Cara menggunakan FPB
n = FPB
umur Iwan = n+12 tahun
                = 3+12
                = 15 tahun

Jadi, umur Iwan ialah 15 tahun
aku gak ngerti nih bantuin donk
yg menggunakan KPK = KPK rumusnya semua angka dikalikan(angka yang sama cukup sekali dengan pangkat terbesar pada angka yg sama tsb.) KPK dari 12 dan 15 = 60. Faktorisasi 12 = 2^2 x 3 Faktorisasi 15 = 3 x 5 Sehingga KPK = 2^2 x 3 x 5
Gini aja deh caranya : Misalnya = Umur Budi = a Umur Iwan = b KPK = a x b / FPB 60 = 12 x b / 3 60 x 3 =12 x b / 3 180 = 12 x b b = 180 / 12 = 15 tahun Umur Iwan = 15 tahun
Itu cara 1 ada lagi cara yg kedua = FPB = a x b / KPK 3 = 12 x b / 60 60 x 3 = 12 x b 180 = 12 x b b = 180 / 12 = 15 tahun