Jawabanmu

2014-06-18T19:58:26+07:00
A : pak? bagaimana bisa terjadi kebakaran seperti ini?
b : karna adanya ulah ank-ank yang bermain dengan petasan
a : apa itu berbahaya?
b : ya itu sangat berbahaya sekali bagi masyarakat di lingkungan ini
a : bagaimana mencegah ini semua , pak?
b : mungkin dengan cara menjauhkan barang-barang dari ank-ank yang mendekati dengan api 
a : oya, bagaimana dengan cara memadamkan kebakaran ini?
b : dengan meminta bantuan kepada pemadan api 

maaf yah kalau dialog wawancaranya jelek, semoga membantu:)


8 3 8
Jawaban paling cerdas!
2014-06-18T20:02:31+07:00
Reporter ; pak bagaimanakah kondisi hutan di desa ini?
narasumber ; kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, akibat kemarau berkepanjangan, hutan kami pun sebagian habis terbakar
reporter ; bagaimana bisa pak kemarau berkepanjangan menyebabkan hutan terbakar?
narasumber ; karena di hutan banyak sekali daun-daun kering yang berguguran, kelembaman udara di hutan pun semaikn rendah, kadar air berkurang. keadaan di erparah dengan sorotan panas matahari yang terus menerus. akibatnya, hutan pun menjadi terbakar dengan sendirinya
reporter ; lantas bagaimana cara mencegahnya pak?
narasumber ; sejauh ini, kami belum menemukan cara mencegah kebakaran hutanyang di akibatkan oleh kemarau panjang. namun, kita dapat meminimalisir dengan cara tdak membuang sampah sembarangan di hutan, karena jika terjai kebakaran hutan, api akan sulit di padamkan jika banyak sampah di dalam hutan. selain itu, jangan menebang pohon dan lakukan reboisas agar kadar ari dalam hutan tetap terjaga.
reporter ; baiklah pak kalau begitu

pokoknya kamu kembangin aja sendiri yaa dek :)
9 4 9