minta tolong dong
3.
Sebuah teropong bintang dipakai untuk mengamati bintang dengan mata tidak berakomodasi menghasilkan perbesaran 5 kali. Jika jarak lensa objektif dengan lensa okuler sama dengan 30 cm, tentukanlah:
a. jarak fokus lensa okuler, danb. jarak fokus lensa objektifnya

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-18T14:24:12+07:00
Soal
Sebuah teropong bintang dipakai untuk mengamati bintang dengan mata tidak berakomodasi menghasilkan perbesaran 5 kali. Jika jarak lensa objektif dengan lensa okuler sama dengan 30 cm, tentukanlah:a. jarak fokus lensa okuler, danb. jarak fokus lensa objektifnya.

Pembahasan
Dik M =fob / fok => fob =  5 kali fok
      d  = 30 cm
Dit fok & fob
jawab.
a. untuk teropong bintang dengan mata tidak berakomodasi = +1
fok =  \frac{1}{1+5}x 30 = 5cm

b. fob = d - fok
         = 30 - 5 = 25 cm

Semoga membantu :) D
2014-06-18T18:46:31+07:00