Jawabanmu

2014-06-18T10:01:04+07:00
Dalam hal membuat teks hasil observasi terlebih dahulu kita harus memperhatikan hal-hal berikut :
1. mengamati objek yang akan kita observasi,objek yang diamati haruslah objek tunggal. 2. mencatat data yang diperlukan,data yang dicatat haruslah data yang akurat sesuai pengamatan data yang disajikan hasil penelitian terkini.
3. jika diperlukan dapat melakukan wawancara dengan narasumber sebagai bukti penguat dan referensi. 

setelah hal-hal diatas sudah sesuai, tinggal kita membuat teks laporan hasil observasi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. dalam penyusunan laporan hasil observasi kita harus menyusun teks sesuai dengan struktur teks laporan.sesuaikan dengan kaidah-kaidah((ciri-ciri) teks laporan hasil observasi.
2. dalam penulisan laporan hasil observasi harus terdapat kalimat diskripsi dan kalimat difinisi.
3. jika terdapat referensi yang lain sumber harus ditulis dalam laporan tersebut.
4. tidak terdapat pandangan penulis atau simpula
n



semoga bener.......
4 4 4
Jawaban paling cerdas!
2014-06-18T15:10:36+07:00
1. Harus menentukan dahulu ojek apa yang akan diamati dan diobservasikan
2. Sebelum membuat teks laporan hasil observasi, kita lakukan dahulu pengamatan terhadap objek yang telah ditentukan
3. Catat bagian-bagian yang dibutuhkan untuk membuat teks laporannya dengan cara membuat kotretannya terlebih dahulu
4. Susun kotretan itu ke dalam struktur teks laporan hasil observasi (biasanya berjumlah minimal 3 paragraf/alinea).Bagian-bagiannya WAJIB terdiri dari :
- Paragraf pertama diawali dengan bagian Definisi Umum, yang beisi tentang definisi atau pengertian objek yang telah diamati.Contohnya (Objek yang diamati adalah pohon kelapa .. Lalu buat kalimat awalnya seperti "Pohon Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di daerah pesisir pantai,dst")
- Paragraf pertengahan (Paragraf 2 atau 2-3) mencantumkan bagian Deskripsi Bagian, yang berisi bagian-bagian objek yang diamati.Contohnya ("Pohon Kelapa terdiri atas batang yang cukup tinggi,daun yang cukup besar,dan akar yang cukup panjang untuk mendapatkan air")
- Paragraf terakhir (Paragraf 3 (Jika ada 3 paragraf) atau 4 (Jika ada 4 paragraf)) mencantumkan bagian Deskripsi Manfaat, yang berisi mengenai manfaat atau kegunaan objek yang diamati.Contohnya ("Pohon Kelapa memiliki buah kelapa yang berfungsi sebagai pengobat penyakit ...")
5. Persentasikan di depan rekan-rekan dan guru

#Semoga membantu ya !! Maaf kalau ada bahasa yang kurang dimengerti ataupun kurang tepat !! :D .. Saya sudah berusaha seingat saya !!
9 3 9