Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-18T06:18:12+07:00
Ilmu kimia (chemistry) adalah ilmu yang 
menyelidiki sifat dan struktur zat, serta 
interaksi antara materi-materi penyusun zat.

Teknik kimia (chemical engineering) adalah 
ilmu yang mempelajari rekayasa untuk 
menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa 
digunakan untuk keperluan manusia, 
berlandaskan pengetahuan ilmu kimia.

Lulusan ilmu kimia bisa bekerja misalnya di laboratorium, di bidang pendidikan sebagai guru atau dosen, atau di bagian Kendali Mutu (Quality Control) di pabrik.

Lulusan teknik kimia biasa bekerja di pabrik yang memproduksi barang-barang melalui proses kimia, misalnya di pabrik semen, pupuk, kilang minyak, dan sebagainya.

Tetapi, apakah lulusan ilmu kimia tidak bisa bekerja di bidang "milik" orang teknik kimia, dan sebaliknya?

Tidak ada masalah. Kedua ilmu ini punya pijakan yang sama yaitu kimia. Lulusan ilmu kimia bisa saja bekerja di Bagian Produksi, dan lulusan teknik kimia bisa saja bekerja di laboratorium.

Hanya saja, setelah bekerja mereka perlu belajar lebih keras dibanding kalau mereka memilih jalur pekerjaan yang "normal". Namun kalau mau belajar, ini bukan hal yang mustahil.

Mungkin itu bisa jadi pertimbangan, terima kasih.
2 4 2
2014-06-18T12:17:48+07:00
Tekim...soalnya dari segi untuk dapetk lingkup kerja lebih besar

kalau kimia mipa kemungkinan jadi dosen/guru
sebenarnya emang mau jadi dosen sih ._.
tapi liat ntar deh, mumpung masih kelas 1 masih bisa mikir banyak soalnya teknik kimia juga bisa jadi dosen kan?
setauku sih kurang...mungkin dosen bisa. kata ibuku walaupun namanya ada kimianya tapi di tekim fisikanya banyak hehe
iyasih, aku juga bacanya gitu. selain fisika ada matematika sama biologi juga. terlalu banyak cangkupannya(?)
hehe iyap..kalau kamu mau jadi dosen sih aku bilang kimia mipa aja :)
oke deh. makasih banyak ya saranna :D