Jawabanmu

2014-06-18T00:16:00+07:00
  • Pengguna Brainly
2014-06-18T00:32:35+07:00
Dalam melaksanakan tugas-tugas umum pemerintah dan pelayanan masyarakat, pejabat/aparat pemerintah wajib memiliki prinsip yang dikenal dengan “asas-asas umum pemerintahan yang baik“, yang dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Asas Kepastian Hukum, asas ini menghendaki agar hak yang telah diperoleh oleh seseorang berdasarkan suatu Keputusan Badan atau pejabat administrasi negara, haruslah di hormati sehingga kedudukan dan kepentingannya memiliki kepastian hukum yang harus diakui.

2. Asas Keseimbangan, asas ini menghendaki proporsi yang wajar, misalnya dalam menjatuhkan hukuman, harus seimbang antara kesalahan yang dilakukan dengan hukuman yang diterima.

3. Asas Kesamaan Dalam Mengambil Keputusan Alat Administrasi Negara, asas ini menghendaki agar dalam menghadapi kasus atau fakta yang sama, alat administrasi negara dapat mengambil tindakan yang sama.

4. Asas Bertindak Cermat, asas ini menghendaki agar administrasi negara senantiasa bertindak secara hati-hati agar tidak menimbulkan kerugian bagi warga masyarakat.

5. Asas Motivasi setiap Putusan, asas ini menghendaki agar dalam mengambil setiap keputusan pejabat pemerintah itu dapat bersandar pada alasan dan motivasi yang cukup, sifatnya benar, adil, dan jelas.

6. Asas Jangan Mencampuradukan Kewenangan, asas ini menghendaki agar dalam mengambil keputusan pejabat administrasi negara tidak menggunakan kewenangan atau kekuasaannya di luar maksud sebenarnya.

7. Asas Permainan Yang Layak, asas ini menghendaki agar pejabat pemerintah dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan adil.

8. Asas Keadilan Dan Kewajaran, asas ini menghendaki agar dalam melakukan tindakan pemerintah tidak berlaku sewenang-wenang atau berlaku tidak layak.

9. Asas Menanggapi Penghargaan yang Layak, asas ini menghendaki agar tindakan pemerintah dapat menimbulkan harapan-harapan yang wajar bagi yang berkepentingan.

10. Asas Meniadakan Akibat Suatu Keputusan yang Batal, asas ini menghendaki jika terjadi pembatalan atas suatu keputusan maka akibat dari keputusan yang dibatalkan itu harus dihilangkan sehingga yang bersangkutan harus diberikan ganti rugi atau rehabilitasi.

11. Asas Perlindungan dan Pandangan Hidup, asas ini menghendaki agar setiap pegawai negeri diberi kebebasan hak untuk mengatur kehidupan pribadinya sesuai dengan pandangan dan cara hidupnya sendiri.

12. Asas Kebijaksanaan, asas ini menghendaki agar dalam melaksanakan tugasnya, pemerintah diberi kebebasan untuk melakukan kebijaksanaan tanpa harus selalu menunggu intruksi.

Asas-asas umum pemerintahan yang baik seperti yang diuraikan diatas, merupakan suatu landasan atau dasar bagi penjabat/aparat pemerintah dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenangnya. Sehingga apabila terjadi pelanggaran terhadap asas-asas tersebut yang dilakukan oleh pejabat pemerintah, yang dapat menimbulkan kerugian bagi warga masyarakat, maka hal tersebut dapat dijadikan dasar penilaian kinerja pemerintah dan dapat dijadikan dasar untuk membuat suatu laporan/pengaduan kinerja aparat pemerintah.