Jawabanmu

2014-06-17T11:57:16+07:00
1. Perode Pertama Menjadi masa keemasan pada dinasti Abbasiyah, tapi dalam periode ini sudah muncul bibit kemunduran dikarenakan terjadi perang saudara antara al-amin dan al-ma’mun.
2. Periode kedua adalah periode pengaruh turki pertama, karena tentara turki yang menjadi tentara dinasti Abbasiyah sangat mendomisili pemerintahan.Khalifah pada dinasti Abbasiyah pada periode kedua adalah:
Al-Mutawakkil, Al-Mu’taz, Almuntasir, Al-Muhtadi, Al-Mustain, Al- Mu’tamid.
3. Periode ketiga adalah Periode ketiga juga periode pengaruh persia kedua, karena pada waktu itu sebuah golongan dari bangsa persia berperan penting dalam pemerintahan dinasti abbasiyah, yaitu dinasti Buwaihiyah
Khalifah pada perode ketiga : Al-Muktafi, Al-Qadir, Al- Muti, Al-Qaim, At-Ta’i.
4. Periode keempat adalah juga periode pengaruh turki kedua, karena waktu itu sebuah golongan dari bangsa turki berperan penting dalam pemerintahan dinasti Abbasiyah, yakni Dinasti Seljuk.
Khalifah keempat yaitu: Al-qa’im, Al-Mustarsid, Al-Muqtadi , Ar-rasyid, Al-Mustazir, Al-Muqtafi.
5. Periode kelima adalah Pada periode ini, pemerintahan dinasti Abbasiyah tidak lagi dipengaruhi oleh pihak manapun. Akan tetapi, kekuatan politik dan militer dinasti Abbasiyah sudah lemah sehingga kekuasaan mereka tinggal meliputi wilayah irak dan sekitarnya saja. Dinasti Abbasiyah runtuh pada tahun 1258 M karena serangan tentara mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan.
Khalifah pada periode ini adalah : An-nasir, Az-zahir, Al-mstansir, Al-musta’sim.
BAB
3 4 3
2014-06-17T11:58:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Perkembangan  politik dan militer  pada dinasti abbasiyah terbagi dalam 5 periode

2 4 2