Jawabanmu

2014-06-16T19:39:51+07:00
Susunan dari proses kimia yang memungkinkan suatu organisme untuk merespon lingkungannya, mengestrak energi, tumbuh berkembang biak, serta mempertahankan dirinya. 

- Anabolisme yaitu proses pembentukan molekul yang kompleks dengan menggunakan energi tinggi contoh : fotosintesis

-Katabolisme yaitu penguraian zat untuk membebaskan energi kimia yang tersimpan dalam senyawa organik.

Jawaban paling cerdas!
2014-06-16T19:56:04+07:00
Metabolisme adalah kemampuan utk mengadakan proses pertukaran zat kimia dengan bantuan enzim dan energi
Macam metabolisme:
-Anabolisme adalah proses penyusunan zat dr senyawa sederhana menjd senyawa yg lebih kompleks, dengan enzim dan energi
Pada proses ini membutuhkan energi bisa dr sinar matahari maupun dr energi kimiawi
Cth: proses asimilasi karbon dan  asimilasi nitrogen
-Katabolisme adalah proses penguraian zat dr senyawa kompleks menjadi senyawa yg lebih sederhana,dengn bantuan enzim dan energi.
Cth: Respirasi aerob dan respirasi secara anaerob(fermentasi)
2 5 2