Jawabanmu

2014-06-16T19:07:46+07:00
Un=a+(n-1)b
108=4+(5-1)b
b=104/4 = 26
S5=1/2n(2a+(n-1)b)
=2,5(8+104) =280
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-06-16T19:35:08+07:00
Untuk menghitung dari keseluruhan data tersebut maka rumus yang dapat diugnkana adalah deret aritmetika
jadi rumusnya

Sn =  \frac{n}{2} (2a + (n – 1 )b)

karena tidak diketahui bedanya, maka harus dicari bedanya terlebih dahulu
rumusnya adalah

un = a + ( n-1) b
u1 = 4 + ( 0 ) b = 4
u5 = 4 + ( 4 ) b  = 108  
              - 4 b   = - 104
                   b   = 26

jadi
Sn =  \frac{n}{2} (2a + (n – 1 )b)

Sn =  \frac{5}{2} (8 + (5 – 1 ) 26 )

Sn =  \frac{5}{2} (8 + ( 104) )

Sn =  \frac{5}{2} ( 112  )

Sn = 280

semoga membantu... :D
mohon dikoreksi jika ada kesalahan...



2 3 2