Jawabanmu

2014-06-16T16:56:03+07:00
Seperti yang kita ketahui, senyawa kovalen dapat dibagi menjadi kovalen polar dan kovalen non-polar.

Senyawa kovalen non polar misalnya : F2, Cl2, Br2, I2, CH4 dan senyawa kovalen polar misalnya : HCl, HBr, HI, NH3. 

Senyawa kovalen yang dapat menghantarkan listrik adalah senyawa kovalen polar. Artinya senyawa kovalen polar bersifat elektrolit. 

Mengapa demikian ? 

Susunan atom-atom dalam senyawa kovalen polar asimetri. Hal ini membuat pasangan elektron ikatan dari atom yang muatannya elektro postif tertarik ke atom lainnya yang muatannya lebih elektro negatif. Sehingga dalam senyawa kovalen tercipta atom yang muatannya lebih positif dan atom yang muatannya lebih negatif, mirip seperti susunan senyawa ionik.
 
Nah, jika senyawa kovalen polar itu kita larutkan ke dalam air, maka senyawa tersebut akan membentuk ion-ion yang dapat bergerak bebas, sehingga dapat mengalirkan arus listrik.
Jawaban paling cerdas!
2014-06-16T17:01:47+07:00
Senyawa kovalen yang bersifat elektrolit adalah HCL, CH3COOH, NH3
1 5 1