bantuin aku dong :)

tanaman bunga mawar merah disilangkan dengan tanaman bunga mawar putih. keturunannya pertama (F1) dari persilangan tersebut 100% berupa tanaman bunga mawar merah muda. jika diketahui M adalah gen merah dan m adalah gen putih, tentukan perbandingan genotip dan fenotip keturunan kedua (F2) dari persilangan tersebut !

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-02T20:54:28+07:00
MM x mm 
merah x putih
M x m
= Mm (merah muda -> F1 )
Mm x Mm
= MM, Mm,Mm,mm
= 25 %, 25%,25%,25%
= 25% merah, 50% merah muda, 25 % putih
16 4 16
2014-02-02T20:56:35+07:00
Merah X Putih
P1 = MM X mm
Gamet = M X m
F1 = Mm = Merah muda

P2 = F1 X F1
= Merahmuda X merahmuda
= Mm X Mm
Gamet = M,m X M,m
F2 = MM, Mm, Mm, mm

Perbandingan Genotip =
= MM : Mm : mm
= 1 : 2 : 1

Perbandingan Fenotip =
= Merah : MerahMuda : Putih
= 1 : 2 : 1

Semoga membantu ;)
25 4 25