1. Dua buah mata uang logam dan satu buah dadu dilempar bersama-sama. Tentukan:
a. Peluang munculnya muka yang berbeda pada uang atau mata dadu prima.
b. Peluang munculnya muka yang sama pada uang atau mata dadu genap.

2

Jawabanmu

2014-06-15T20:25:42+07:00
Ruang sampel = 24

a. 6/24 = 1/4
b. 6/24 = 1/4
Jawaban paling cerdas!
2014-06-15T20:37:44+07:00
2 uang logam dan sebuah dadu ditos

S=(A,A,1), (A,G,1), (G,A,1), (G,G,1), (A,A,2), (A,G,2), (G,A,2), (G,G,2), (A,A,3), (A,G,3), (G,A,3), (G,G,3), (A,A,4), (A,G,4), (G,A,4), (G,G,4), (A,A,5), (A,G,5), (G,A,5), (G,G,5), (A,A,6), (A,G,6), (G,A,6), (G,G,6)
n(S)=24

a. uang beda, dadu prima = (A,G,2), (G,A,2), (A,G,3), (G,A,3), (A,G,5), (G,A,5)
n(uang berbeda, dadu prima) = 6

P(uang berbeda, dadu prima) =  \frac{n(uang berbeda, dadu prima)}{n(S)}
= 6/24
= 1/4


b. uang sama, dadu genap = (A,A,2), (G,G,2), (A,A,4), (G,G,4), (A,A,6), (G,G,6)
n(uang sama, dadu genap) = 6

P(uang sama, dadu genap) =  \frac{n(uang sama, dadu genap)}{n(S)}
= 6/24
= 1/4