Suatu senyawa hidrokarbon mempunyai rumus empiris CH2 (Ar C=12 dan H=1)
Jika 11,2 liter gas tersebut [STP] mempunyai massa 14gram,maka rumus molekul ga tersebut adalah...
a.C5H10
b.C4H8
c.C2H4
d.C2H6
e.C3H8

tolong sama caranya ya hehe

2

Jawabanmu

2014-06-15T19:52:23+07:00
11,2 L pada keadaan STP berarti 0,5 mol(karena pada keadaan STP 1 mol sama dengan 22,4 L). Jika 0,5 mol itu 14 gram, maka untuk 1 mol hidrokarbon tersebut 2x14 = 28 gram. Rumus molekul yang tepat yaitu C2H4( ArC:12,ArH:1; bila dijumlah 14x2+1x4=28)
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-06-15T19:53:50+07:00
Mol = liter/22,4
      = 11,2/22,4
      = 0,5

mol = massa/mr
 0,5 = 14/mr
 mr = 28

mr = n x (massa empiris)
28 = n x ( C + 2H )
28 = n x ( 12 + 2 )
28 = n x 14
n = 2

rumus molekul = n x rumus empiris
                      = 2 x CH2
                      = C2H4

2 5 2