Jawabanmu

2014-06-15T19:39:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pemilu LUBER dan JURDIL : maksudnya 
Langsung : yang bersangkutan langsung memilih, tdk boleh diwakilkan. 
Umum : Semua warga negara yang memenuhi syarat memilih ikut memilih. 
Bebas : Bebas memilih partai apa saja, kalau sekarang caleg siapa saja tanpa adanya tekanan. 
Rahasia : artinya kerahasiaan pemilih tetntang apa yang di pilih dijamin tidak bocor, kecuali yang bersangkutan memang sengaja membocorkan.
Jujur : artinya panitia harus jujur tidak boleh ada data yang dimanipulasi, baik DPT ataupun hasil perhitungan suara untuk kepentingan partai atau calon tertentu. Jika LSM dan Media masa aktif dalam memantau pemilu, hal ini sangat kecil kemungkinan terjadi. 
Adil : artinya, dari KPU Pusat sampai tingkat pelaksana lapangan harus adil tidak berpihak pada calon atau partai tertentu. 
Dalam catatan sejarah, kata JURDIL diusulkan oleh PDI waktu jaman Orde Baru, kira-kira era 80-an, dan mendapat penolakan keras pada waktu itu oleh tokoh-tokoh Golkar.
81 4 81