Tolong bantu yah,sama caranya juga...
sebuah benda terletak 30cm di depan cermin cekung yg berjari-jari 20cm setinggi 2 cm. hitung :
a.jarak bayangan
b.tinggi bayangan
c.perbesaran bayangan
d.sebutkan sifat bayangan yang di bentuk

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-15T16:29:18+07:00
D1 : s = 30 cm
       R= 20 cm ( f = 10 cm)
       h= 2 cm
D2: a. jarak bayangan ?
      b. tinggi bayangan ?
      c. perbesaran bayangan ?
      d. sifat bayangan yang terbentuk ?
D3: a. 1/s bayangan = 1/f - 1/s
                              = 1/10 - 1/30
                              = 1/15
           s bayangan= 15 cm
     c. M = s bayangan/ s
            = 15/30
             = 0,5 kali
     b. h bayangan = M x h
                          = 0,5 x 2
                          = 1 cm
     d. bayangan yang terbentuk = Nyata, terbalik, dan diperkecil.
(maaf kalau salah)

1 5 1
2014-06-15T16:33:32+07:00
Saya hnya menambahkan...
h bayangan =1

sifat bayangan adalah...
terbalik,diperbeaar,maya
sifat bayangan di cermin cekung itu terbalik,diperbesar,nyata...
Tapi itu hanya sifat cermin cekung di ruang 2
@silvina...coba anda ambil sendok yg bisa buat ngaca...lalu bayangan anda akan jadi terbalik,nyata,dan diperbesar..
Apa selalu gitu? kn sifat bayangan cermin cekung ada beberapa. Kalau cermin cembung hanya satu sifat, yaitu tegak, maya, di belakang cermn, dan diperkecil
yg saya tau sih gitu,..