Jawabanmu

2014-06-15T14:18:56+07:00
PEREKONOMIAN INDONESIA
indonesia adalah suatu negara dengan jumlah pendduduk yg sangat besar. bahakan menempati posisi ke 4 di dunia. sebenarnya indonesa juga dapat menjadi negara dengan prekonomian terbesar di dunia. hal itu terjadi apabila SDA dan SDM di lakukan secara maksimal. bukan hanya pemerintah yg harus turun tangan. Beberapa SDA seperti Freeport harusnya dapat di kembangkan sendiri. Sebenarnya Freeport adalah salah satu sumber terbesar yang dimiliki indonesia. pemanfaataan ekspor dan impor juga perlu di tingkatkan. hal itu nantinya dapat menjadikan negara indonesia menjadi negara dengan perekonomian terkuat di dunia. selesai (singkat)
3 4 3
2014-06-15T18:11:14+07:00
TEKS ASLI SEBELUM DIUBAH KE DALAM STRUKTUR TEKS EKSPOSISI
JUDUL/TEMA : TEKNOLOGI PROSES SAMPAH

PARAGRAF KE-1 :
Dengan teknologi yang tepat,sampah yang tadinya sebagai barang buangan,kotor,berbau,menimbulkan penyakit,dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi.Sampah pada prinsipnya dibagi menjadi dua,yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup,seperti tumbuhan dan hewan,sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup seperti plastik,kaca.

PARAGRAF KE-2 :
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Sementara itu,sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.

PARAGRAF KE-3 :
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) fapat mengalami proses lanjutan.Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator),(2) teknologi pengomposanc(composting),(3) teknologi penimbunan tanah (land fill),dan (4) teknik daur ulang (recycling)

PARAGRAF KE-4 :
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik.Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah.Teknik daur ulag (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.Sampah dipungut dan dikumpulkan,misalnya,kertas,kardus,pecahan kaca,botol bekas,logam-logam,plastik,dan sebagainya.Barang barang bekas ini bisa dikirim ke pabrik yang melakukan daur ulang bisa diolah menjadi bahan baku.Bahan baku itu dapat menghasilkan produk daur ulang seperti karton,kardus pembungkus,alat-alat dan perangkat rumah tangga dari plastik dan kaca.


PENYUSUNAN TEKS MENJADI STRUKTUR EKSPOSISI

PERNYATAAN (TESIS) :
Dengan teknologi yang tepat,sampah yang tadinya sebagai barang buangan,kotor,berbau,menimbulkan penyakit,dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi.Ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut.

ARGUMENTASI :
Pertama,sampah organik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Selanjutnya,industri pengolah sampah dapat memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk organik/industri bahan bangunan.
Kedua,teknologi pembakaran (incineator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik.Di samping itu,teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
Ketiga,masyarakat bisa memanfaatkan teknologi penimbunan tanah (land fill) untuk menimbun tanah rendah.Masyarakat bisa juga memanfaatkan teknologi daur ulang (recycling) untuk mengolah sampah menjadi barang jadi seperi kardus,kaca.

PENEGASAN ULANG (PENDAPAT) :
Dengan demikian,sampah dapat bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.Nilai ekonomi itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang memanfaatkan sampah.

SEMOGA MEMBANTU
MAAF KALAU ADA KESALAHAN KATA ATAU KURANG TEPAT
HANYA INI YANG SAYA TAHU
YANG SUDAH SAYA PELAJARI SEMESTER KEMARIN
13 4 13