Jawabanmu

2014-06-15T13:59:07+07:00
                                               Hujan
   Hujan adalah suatu peristiwa alam yang terjadi karena penguapan air laut sehingga turunlah titik-titik air di daratan. Peristiwa alam ini sering terjadi di Indonesia. Hal ini terjadi karena Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan, sehingga kemungkinan besar sering terjadi penguapan yang menyebabnkan hujan.
   Hujan terjadi karena adanya sikls hujan. Umumnya siklus hujan dibagi menjadi 2 yaitu, siklus pendek dan siklus sedang. Siklus pendek terjadi karena air di lautan mengalami evaporasi kemudian terbentuk awan dan turunlah hujan. Siklus sedang terjadi karena air laut menguap lalu mengalami kendensasi dan terbentuk awan. Awan itu tertiup angin menuju ke daratan dan turun hujan.
   Hujan dapat terjadi dimanapun terutama di Indonesia. Daerah di Indonesia yang terkenal karena curah hujannya adalah Kota Bogor. Hujan dapat mengakibatkan banjir, akan tetapi juga membawa dampak positif bagi pertanian.
itu aku buat sendiri... jadi teks nya di buku latihan bahasa indonesia aku..
iya, bisa minta tolong tulisin teks asli di sini enggak? :)
itu yang aku tulis teks aslinya...
itu belum diubah menjadi teks eksplanasi?
itu sudah teks eksplanasi...
2014-06-15T18:24:00+07:00
STRUKTUR TEKS : EKSPLANASI
JUDUL/TEMA        : TORNADO

PERNYATAAN UMUM :
Tornado merupakan fenomena sekaligus bencana alam yang timbul dari sebuah pusaran angin yang maha dahsyat yang berbentuk spiral,bergerak maju menuju pusat yang bertekanan rendah.Bentuk angin topan dan tornado sama-sama termasuk tipe siklon.

DERETAN PENJELASAN (EKSPLANASI) :
Tornado tercipta ketika hembusan angin yang bertiup menuju daerah yang bertekanan udara rendah pada pusat massa udara dan membentuk lengkungan karena pengaruh rotasi bumi.Angin ini bergerak melingkar,ada yang menyerupai elips dan ada juga yang bergerak tidak beraturan.Selain itu,tornado juga terbentuk jika dua massa udara yang bertentangan bertemu.Oleh karena itu,peredaran siklon selalu diikuti antisiklon atau sebaliknya,yang terdapat di suatu daerah di tengah-tengah garis lintang.

INTERPRETASI :
Meskipun tornado itu dapat membahayakan jiwa seluruh makhluk hidup,kita tidak perlu terlalu khawatir akan bencana alam ini karena bencana ini tidak terjadi di seluruh tempat di muka bumi ini.Dan juga tidak terjadi setiap waktu.Tetapi,kita hanya perlu mengetahui apapun bencana yang akan terjadi itu hanya kehendak Tuhan.

KARYA : SAYA SENDIRI (TANPA MENYALIN KARYA SIAPA PUN)
SEMOGA MEMBANTU DAN MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN KATA
SAYA HARAPKAN KEPADA ANDA MENJADIKAN JAWABAN SAYA SEBAGAI JAWABAN YANG TERBAIK
TETAPI JIKA TIDAK IKHLAS JANGAN DINOBATKAN MENJADI JAWABAN YANG TERBAIK
SAYA HANYA INGIN ANDA UNTUK IKHLAS MENJADIKAN JAWABAN SAYA YANG TERBAIK
3 4 3