Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-15T13:23:28+07:00
Batu dan kayu, karena kelembapan serta cuaca indonesia yang tropis
1 5 1
2014-06-15T13:25:28+07:00
Ada beberapa hal yang berperan sangat penting mengapa tingkat pelapukan di ada ada beberapa hal yang berperan sangat penting mengapa tingkat pelapukan di Indonesia sangat tinggi, 
pertama, batuan di indonesia banyak yang terbentuk melalui proses volkanis dan tektonis sehingga memiliki banyak pori dan / atau rongga sehingga air sebagai media pelapukan sangat mudah meresap ke dalam batuan. 
kedua, Indonesia memiliki lahan hutan yang luas dan juga lahan pertanian yang luas. pembusukan dedaunan dan ranting menghasilkan asam humus yang sangat berperan dalam mempercepat proses pelapukan kimiawi. 
ketiga, Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki intensitas sinar matahari yang tinggi serta tingkat kelembaban yang juga tinggi sehingga proses pelapukan kimiawi dapat berjalan sangat cepat. 

Batuan yang melapuk akan berubah menjadi tanah / soil yang sangat baik untuk pertanian. Karena tingkat pelapukan di Indonesia sangat tinggi maka lapisan tanah pertanian di Indonesia pada umumnya tebal.