Jawabanmu

2014-06-15T10:27:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sejak abad 19 dan abad 20 muncul benih-benih nasionalisme pada bangsa Asia Afrika khususnya Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya nasionalisme :
1) Faktor dari dalam (internal)
- Kenangan kejayaan masa lampau
Perasaan senasib dan sepenanggungan akibat penderitaan dan kesengsaraan masa penjajahan
Munculnya golongan cendekiawan
Paham nasionalis yang berkembang dalam bidang politik, sosial ekonomi, dan kebudayaan

2) Faktor dari luar (eksternal)
- Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
Perkembangan Nasionalisme di Berbagai Negara
Gerakan Kebangsaan Filipina

PERKEMBANGAN NASIONALISME DI INDONESIA

Sebagai upaya menumbuhkan rasa nasionalisme di Indonesia diawali dengan pembentukan identitas nasional yaitu dengan adanya penggunaan istilah “Indonesia” untuk menyebut negara kita ini. Dimana selanjutnya istilah Indonesia dipandang sebagai identitas nasional, lambang perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan. Kata yang mampu mempersatukan bangsa dalam melakukan perjuangan dan pergerakan melawan penjajahan, sehingga segala bentuk perjuangan dilakukan demi kepentingan Indonesia bukan atas nama daerah lagi.

2 5 2
2014-06-15T10:34:33+07:00
Maaf kalau salah, perkembangan nasionalisme di Indonesia menurut saya sudah ada sejak zaman Budi Utomo, pokoknya sejak belum merdekalah, mereka bersatu  untuk mengusir penjajah melalui Budi Utomo meskipun organisasi Budi Utomo tidak ada hubungannya dengan politik namun organisasi ini mengawali organisasi-organisasi nasional lainnya misalnya Jong Jawa, Jong Sumatra Bond, jadi nasionalisme Indonesia lahir p0ada saat dimulainya organisasi Budi Utomo dan berkembang hingga sekarang, kan sekarang banyak tuh organisasi-organisasi yang mengarah pada kebaikan dan kesejahteraan masyarakat misalnya LSM atau BNN

maaf kalau salah