BPJS merupakan jaminan sosial untuk masyarakat, tapi pada kenyataannya jaminan sosial tersebut menggunakan sistem asuransi sosial. Jadi masyarakat harus membayar iuran rutin tiap bulannya. Padahal saya dengar BPJS merupakan organisasi nirlaba. Jaminan sosial seperti ini bagaimana kalau dikaitkan dengan poin pancasila, bukankah negara menanggung iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bagi masyarakat miskin serta pegawai negeri, baik itu Pegawai Negari Sipil (PNS), TNI, Polri, Pensiunan, Veteran dan Pejuang Kemerdekaan.
minta penjelasannya yaa ? terimaksih

1

Jawabanmu

2014-06-15T08:35:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
BPJS itu kan katanya untuk masyarajat
tetapi kenapa masyarakat harus membayar uiran.. bukannya BPJS ditanggung oleh negara.
kalo dikaitkan dengan pancasila no 2 yakni kemanusiaan yang adil dan beradab
harusnya disini pemerintah harus adil terhadap orang orang miskin. tidak masalah bagi PNS atau Vensiunan atau TIN dll untuk membayar uiran karna mereka tentunya memiliki uang yang cukup. tetapi.. untuk rakyat miskin itu bukan lah suatu keadilan, karena bagi rakyat miskin mencari makan pun susah, apalagi membayar iuran

maaf kalo jawaban nya ngaco :D :)