Jawabanmu

2014-06-14T20:18:52+07:00
1. TABUNG MIKROSKOP (TUBUS), tabung ini berfungsi untuk mengatur fokus dan menghubungan lensa objektif dengan lensa okuler.
2. MAKROMETER (PEMUTAR KASAR), makrometer berfungsi untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara cepat.
3. MIKROMETER (PEMUTAR HALUS), pengatur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan mikroskop secara lambat, dan bentuknya lebih kecil daripada makrometer.
4. REVOLVER, revolver berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif dengan cara memutarnya.
5. MEJA MIKROSKOP, berfungsi sebagai tempat meletakkan objek yang akan di amati. 6. PENJEPIT KACA, penjepit ini berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser.
7. LENGAN MIKROSKOP, berfungsi sebagai pegangang pada mikroskop.
8. KAKI MIKROSKOP, berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop.
9. SENDI INKLINASI (PENGATUR SUDUT), untuk mengatur sudut atau tegaknya mikroskop.

12 4 12
2014-06-14T20:19:16+07:00
Kaki mikroskop. Umumnya bagian ini memiliki bentuk serupa dengan huruf V atau U. Bagian tabung. Fungsinya untuk mensetting titik fokus. Bagian ini bisa digerakan sesuai kebutuhan, baik itu gerak turun maupun naik. Penjepit objek, bagian ini digunakan untuk menjepit preparat atau objek penelitian agar tidak bergeser dari tempatnya. Meja benda, bagian mikroskop yang satu ini biasanya dibuat dari logam dengan bentuk yang pipih dan dibentuk layaknya bulatan atau persegi empat. Pada bagian tengah meja benda ini terdapat sebuah lubang yang berfungsi untuk meneruskan cahaya yang dihasiljan dari cermin mikroskop. Pada meja ini terdapat dua penjepit preparat. Pengatur kasar, adalah bagian mikroskop yang berperan dalam hal pengaturan jarak antara objek yang diamati dengan lensa objektif. Pengatur halus, bagian ini berfungsi untuk membuat bayangan objek jauh lebuh jelas. bayangan yang diperoleh dihasilkan dari pengaturan “pengatur kasar” yang tepat.
1 5 1