1. Sebuah mangga berada diatas pohon yang tingginya 5 meter dengan massa buah mangga 2 kg jatuh ke tanah dengan kecepatan 4 m/s2. Apabila percepatan gravitasi ditempat itu 10 m/s2. Hitunglah
a. Energi Potensial
b. Energi Kinetik
c. Energi Mekanik Buah Tersebut

2. Sebuah batu yang beratnya 10.000 N hendak diangkat dengan menggunakan tuas yang mempunyai lengan beban 20 cm dan tangan kuas 80 cm. Tentukan besar gaya yang harus dikeluarkan dan keuntungan mekanik tuas tersebut

3. Suatu gelombang memiliki panjang 120 cm dan cepat rambatnya 7,2/jam. Berapakah frekuensinya?

4. Sebuah benda menghasilkan getaran yang berfrekuensi 440 hz. Jika cepat rambat gelombang bunyi tersebut diudara 880 m/s. Maka berapakah panjang gelombang bunyi tersebut diudara?


Mohon Bantuannya Ya.





2

Jawabanmu

2014-06-14T14:12:15+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. a) Ep = m.g.h
= 2 kg x 10 m/s² x 5 m
= 100 J

b) Ek = 1/2 mv²
= 1/2 x 2 kg x 16 m/s²
= 16 J

c) Em = Ep + Ek
= 100 J + 16 J
= 116 J

3) 72 km/jam = 72000 m/3600 s = 20 m/s
panjang gelombang = cepat rambat/frekuansi
maka
frekuensi = cepat rambat/panjang gelombang
= 20 m/s / 1,2 m 
= 16,67 Hz
Jawaban paling cerdas!
2014-06-14T14:42:22+07:00
1. a.Ep = m.g.h
            = 2 x 10 x 5
            =100 Joule
    b.Ek  = 1/2.m.v v^{2}
             = 1/2 x 2 x 16
             = 16 joule
     c.Em = Ek + Ep
              = 100 + 16
               = 116 Joule

2. a. F  = W x Lb ÷ Lk
           = 10.000 x 20 ÷ 80
           = 2.500 N
      
    b. KM = W ÷ F
              = 10.000 ÷ 2.500
              = 4

3. f = V ÷ panjang gelombang
     = (pertanyaan kurang spesifik)

4. panjang gelombang = V ÷ f
                                 = 880 ÷ 440
                                 = 2 meter
2 5 2