27) simbiosi mutualisme ditunjukkan oleh hubungan / interaksi antara...

a.tumbuhan tali putri dengan inangnya
b.lebah madu dan bunga
c.ikan badut dengan anemon
d.kutu diatas rambut kepala manusia

28) berikut ini yang tidak termasuk komponen abiotik ekosistem adalah...

a.petir
b.kekeruhan air
c.jamur
d.lumpur

29) simbiosi komensalisme ditunjukkan oleh...

a.ikan badut dengan anemon
b.ulat diatas daun
c.burung jalak yang makan kutu kerbau
d.cacing pita yang hidup di hari sapi

30) dalam sebuah ekosistem kolam ditemukan data seperti dibawah ini:

1) titoplankton
2) hydrilla
3) eceng gondok
4) ikan
5) katak
6) jentik-jentik

organisme yang termasuk produsen, antara lain ditunjukkan oleh data nomor...

a.1,2,3
b.4,,5,6
c.1,3,5
d.2,4,6

( tolong dijawab ya kawan... ) terima kasih... :)

2

Jawabanmu

2014-06-13T14:51:49+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-06-13T14:56:06+07:00
27) b.lebah madu dan bunga
28)
c.jamur (karena, jamur termasuk komponen biotik)
29) a.ikan badut dengan anemon
30)  a. 1,2,3

Itu jawaban setahuku. Tapi nomer 30 agak kurang yakin. Dicek lagi yaa..

thanks
27)b,28)b,29)a,
30. D
30. D ?
Sorry, baru baca soalnya Produsen. Iya, yg bener yg A bukan D