Ayo teman teman ,, bantu aku :)
panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 24cm, sedangkan jarak kedua pusatnya 26cm. Jika panjang jari jari lingkaran yang satu 15 cm, berapakah panjang jari jari lingkaran yang lain ...?

thankx before

2

Jawabanmu

2014-06-13T13:59:09+07:00
Cara cepat ya pakai phitagoras ................
jarak kedua pusat ibarat sisi miring

26^ - 24 ^ = 676 - 576 = 100
              =√100 = 10

panjang jari 2 lainnya = 15 - 10 = 5
Jawaban paling cerdas!
2014-06-13T14:07:31+07:00
Misal jarak antara kedua pusat adalah "p", dan garis persekutuan luar "l"
(r2 - r1) =  \sqrt{ p^{2} - l^{2} }
= \sqrt{ 26^{2}-  24^{2} }
 \sqrt{ 676-576 }
=  \sqrt{100}
= 10 atau - 10
misal r1 = 15
untuk Δr = 10
r2 - r1 = 10
r2 - 15 = 10
r2 = 25
untuk Δr = -10
r2 - r1 = -10
r2 - 15 = -10
r2 = 5
1 5 1