Jawabanmu

2014-06-12T22:37:50+07:00
Agar tumbuhan dan hewan langka itu tidak punah
semoga membantu
Jawaban paling cerdas!
2014-06-12T22:38:38+07:00
Ada beberapa factor yang menyebabkan hewan dan tumbuhan menjadi langka diantaranya adalah:
1. Faktor Alam
Faktor Alam ini misalnya bencana alam yang terjadi tidka dsebabkan oleh manusia. Contohnya adalah gunung meletus, tanah longsor, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, gelombang tsunami, dll. Dengan adanya bencana ini hewan tidak mempunyai tempat tinggal. Selain itu tumbuhan yang biasanya tumbuh di daerah tertentu (daerah terkena bencana) akan ikut punah juga.

2. Faktor Manusia
Faktor manusia ini meliputi seluruh macam kegiatan yang dilakukan manusia yang menyebabkan punahnya hewan dan tumbuhan. Adapun contohnya adalah:
- Penggundulan hutan, gunung, dan bukit dapat menyebabkan erosi, banjir, dll
- Perburuan hewan liar dapat menyebabkan punahnya hewan tersebut
- Penangkapan ikan dengan cara peledak dan racun dapat menyebabkan tercemarnya sungai tersebut sehingga organisme lain dapat ikut mati.
- Pengikisan plasma nutfah diganti dengan tanaman atau hewan unggul
maka perlunya membudidayakan tumbuhan dan hewan agar tidak punah