Jawabanmu

2014-06-12T15:37:26+07:00
1.garis singgung persekutuan dalam :
j^2 = ab^2 + (r1 + r2 )^2
     = 20^2 + (8 + 7 )^2
     = 400 + 14^2
     = 400 + 196
     = 596
j    = akar dari 596
    = 24,4

2.garis singgung persekutuan luar
j^2 = ab^2 + ( r1 - r2 )^2
     = 20^2 + ( 8 - 7)
     = 400 + 1^2
     = 400 + 1
     = 401
j    = akar dari 401
     = 20,02

pilih aja garis singgung persekutuan yang mana yang mirio dengan soal kamu

jarak antara kedua pusat lingkaran dalam adalah 25 cm
bukannya 8+7 = 15 ??
iya, tapi 15 kuadrat itu 225 bukan 196
akar 196 itu 14
Jawaban paling cerdas!
2014-06-12T15:46:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
pjg jari 2 lingkaran 8 dan 7 cm.sdngkn singgungny 20 cm jrk kedua pusat ialah?bserta jln
Jawaban :
Jika Maksudnya yg diketahui panjang garis singgung persekutuan dalam maka :
d= \sqrt{p^{2}-(r_{1}+r_{2})^{2}}

d^{2}= p^{2}-(r_{1}+r_{2})^{2}

20^{2}= p^{2}-(8+7)^{2}

400= p^{2}-(15)^{2}

400= p^{2}-225

400+225= p^{2}

625= p^{2}

p =  \sqrt{625}

\boxed{p = 25\ cm}


Jika Maksudnya yg diketahui panjang garis singgung persekutuan luar maka :
l =   \sqrt{p^{2}- (r_{1}-r_{2})^{2} }

l^{2} =   p^{2}- (r_{1}-r_{2})^{2}

20^{2} =   p^{2}- (8-7)^{2}

400 =   p^{2}- (1)^{2}

400+1 =   p^{2}

p = \sqrt{401}

p = 20,02\ cm
2 5 2