Jawabanmu

2014-06-12T14:49:56+07:00
Sesuai dengan kesepakatan MPR yang kemudian menjadi lampiran dari Ketetapan MPR No. IX/MPR/1999, Pembukaan UUD 1945 tidak akan diubah. Pembukaan UUD 1945 memuat cita-cita bersama sebagai puncak abstraksi yang mencerminkan kesamaan-kesamaan kepentingan di antara sesama warga masyarakat yang dalam kenyataannya harus hidup di tengah pluralisme atau kema¬jemukan. Pembukaan UUD 1945 juga memuat tujuan-tujuan atau cita-cita bersama yang biasa juga disebut sebagai falsafah kenegaraan atau staatsidee (cita negara) yang berfungsi sebagai filosofische grondslag dan common platforms atau kalimatun sawa di antara sesama warga masyarakat dalam konteks kehidupan bernegara. Inilah yang oleh William G. Andrews disebut sebagai Kesepakatan (consensus) pertama.

Pancasila sebagai dasar-dasar filosofis terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 yang merupakan kesepakatan pertama penyangga konstitu¬sionalisme. Dengan tidak diubahnya Pembukaan UUD 1945, maka tidak berubah pula kedudukan Pancasila sebagai dasar-dasar filosofis bangunan Negara Republik Indonesia. Yang berubah adalah sistem dan institusi untuk mewujudkan cita-cita berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Hal ini sesuai dengan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka yang hanya dapat dijalankan dalam sistem yang demokratis dan bersentuhan dengan nilai-nilai dan perkembangan masyarakat.
2 5 2
2014-06-12T14:49:57+07:00
Dalam Pembukaan UUD 45 tercantum dasar (ideologi) negara yaitu sila 1 sampai 5 dari Pancasila. Dalam pembukaan UUD 45 tercantum visi misi dan strategi dasar Indonesia.
Jika pembukaan diubah, maka visi, misi dan strategi dasar Indonesia bisa berubah, bahkan ideologi negara mungkin bisa berubah. Jika itu berubah, maka sama saja membentuk negara baru meskipun namanya sama. Pembukaan UUD 45 juga mencantumkan tujuan dasar yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa ini (FOUNDING FATHERS). Jadi kalau diubah, maka rumusan para founding fathers kita menjadi tidak dipakai lagi, itu sama saja membubarkan NKRI 17-8-1945, dan membentuk negara baru meskipun bisa jadi namanya sama. Jika membentuk negara baru berarti tidak semua propinsi (wilayah) ex Indonesia 17-8-1945 wajib ikut (bisa saja membentuk negara baru sendiri/merdeka).

Semoga Membantu :)
3 4 3