Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-14T10:06:37+07:00
Teori komunikasi adalah satu pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk sesuatu perkara yang hendak dilaksanakan Dalam proseskomunikasi teori akan membina bentuk dan kaidah komunikasi yang hendak dibuat.
Contoh: 
Pada Kampaye anti rokok. Apabila penerima pesan ‘menempuh’ jalur sentral, maka ia akan memikirkan isi pesan itu. Bersifat kritis dan mencari tahu kebenaran data-data tentang bahaya rokok. Kalau ia setuju dengan pesan tersebut, bisa saja dia berhenti merokok. Tapi jika setelah berpikir mendalam, dia merasa tidak bisa hidup tanpa rokok, maka perilakunya tidak akan berubah. Keputusan yang diambil melalui ‘jalur’ ini, bersifat kuat dan mantap.
Jika penerima pesan mengabaikan isi pesan, maka ia mungkin mengambil rute peripheral. Ia akan menilai kredibilitas komunikator, pendapat orang lain, dan ‘manfaat’ yang diperoleh dari hal-hal eksternal. Keputusan/ perubahan perilaku yang diambil melalui jalur ini bersifat lemah dan mudah berubah.

Meskipun begitu, jalur peripheral bisa dijadikan alternatif dan batu loncatan sebelum berubah  ke jalur sentral. Misalnya, awalnya dia tidak tertarik dengan isi pesan, tapi dengan kredibilitas komunikator yang tinggi, serta dorongan teman-teman, membuat dia berpikir ualng dan memperhatikan isi pesan yang disampaikan
4 4 4