Jawabanmu

2014-06-11T21:34:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
~Canting reng-rengan dipergunakan untuk membatik Reng-rengan
~Canting Isen ialah canting untuk membatik isi bidang, atau untuk mengisipolan
~Canting cecekan bercucuk satu (tunggal), kecil, dipergunakan untuk membuat titik- titik kecil
~Canting loron canting ini bercucuk dua,berjajar atas dan bawah, dipergunakan untuk membuat garis rangkap.
~Canting telon dipergunakan untuk membatik, maka akan terlihat bekas segi tiga yang dibentuk oleh tiga buah titik, sebagai pengisi.
~
Canting prapatandi pergunakan untuk membuat empat buah titik yang membentuk bujursangkar sebagai pengisi bidang.
~
Canting liman canting ini bercucuk lima untuk membuat bujursangkar kecil yang dibentuk oleh empat buah cicik dan sebuah titik ditengahnya.

dan lain seterusnya
10 3 10
2014-06-11T21:39:51+07:00
Canting Batik RengrengCanting batik ini mempunyai cucuk tunggal dan tidak terlalu besar, diameter 1-2.5 mm. Fungsinya untuk membuat pola pertama pada batik tulis atau terkenal dengan istilah merengreng. Pola pertama atau dasar tidak terlalu rumit karena belum ada isian maupun tembokan atau pulasan pada kain.Canting Batik IsenCanting batik isen mempunyai cucuk tunggal dan banyak sesuai dengan motif yang diinginkan, diameter canting ini lebih kecil 0.5-1.5 mm.2. Canting Batik Menurut UkurannyaCanting Batik Cucuk KecilAdalah canting batik bercucuk kecil digunakan untuk membuat isen pada pola batik yang telah direngreng.Canting Batik Cucuk SedangCanting batik ini digunakan untuk membuat pola pertama sebagai pola dasar dalam pembuatan batik tulis.Canting Batik Cucuk BesarDigunakan untuk membuat pola-pola yang berukuran besar. Pola tersebut dipilih untuk membuat perbedaan antara pola utama dan pola tambahan. Tapi tidak semuanya pola diperlakukan seperti itu karena akan memakan waktu yang lebih lama untuk memilih pola yang akan diperbesar. Di daerah Trusmi, Cirebon canting batik ini digunakan untuk membuat tembokan atau pulasan pada kain, biasanya ujung cucuk ditambah dengan balutan kain sehingga diameter yang didapat lebih besar.3. Canting Batik Menurut Banyaknya Cucuk atau CaratCanting Batik CecekanCanting batik ini tergolong canting isen yang mempunyai carat tunggal. Fungsinya sebagai pembuat titik-titik isen atau isen lainnya seperti isen ukel, pada motif batik.Canting Batik LoronDiambil dari kata loro (dua dalam bahasa jawa), yang berarti canting batik ini mempunyai cucuk dua atas dan bawah. Fungsinya untuk membuat garis rangkap pada pola batik seperti batasan pada bogem.Canting Batik TelonCanting batik telon mempunyai cucuk tiga berbentuk segitiga sama sisi. Fungsinya untuk membuat pola isen yang berbentuk segitiga.Canting Batik PrapatanBentuk canting batik prapatan cucuknya mempunyai empat buah dengan titik pola segi empat. Fungsinya sama seperti canting batik isen lainnya sebagai pembuat pola isen sehingga menghasilkan pola segi empat.Canting Batik LimanMempunayai cucuk lima dengan titik berbentuk lingkaran. Satu sebagai pusatnya dan keempatnya mengelilingi pusat.Canting Batik ByokCanting batik ini cucuknya berjumlah tujuh atau lebih biasanya jumlahnya ganjil. Fungsinya untuk membuat lingkaranCanting Batik GalaranCanting batik galaran atau renteng mempunyai mata cucuk yang berbaris dari atas kebawah, jumlahnya empat atau lebih,
8 4 8