Seorang siswa diberi tugas membuat kerangka balok dari kawat dengan perbandingan panjang : lebar : tinggi adalah 4 : 3 : 2 . jika volum balok 192 cm³, maka panjang kawat minimal yang diperlukan siswa tersebut adalah...?

2

Jawabanmu

2014-06-11T21:33:36+07:00
Cari dulu volume perbandinganya
4×3×2 = 24
terus volume asli di bagi volume perbandingan
192 : 24 = 8

sehinngga memperoleh
panjang = 4×8 = 32
lebar = 3×8 = 24
tinggi = 2×8 = 16

untuk menentukan panjang kawat yang diperlukan , gunakan rumus panjang rusuk balok
4(32 + 24 + 16) = 288 cm
itulah hasilnya
semoga BENAR
terima kasih banyak ya
sama sama
Maaf, bukannya 8 nya seharusnya di akar 3? Karena volume itu memiliki satuan kubik. Maaf, hanya coba membantu. Maaf juga jika salah☺
Jawaban paling cerdas!
2014-06-11T21:43:56+07:00
Panjang: 4x
lebar: 3x
t: 2x

Volume = p . l . t
192 cm³ = 4x . 3x . 2x
192 cm³ = 24x
x³ = 192 : 24
x³ = 8
lalu 8 nya di jangan lupa di akar 3
akar 3 dari 8 adalah 2

Jadi ukuran aslinya,

panjang: 4 . 2 = 8
lebar: 3 . 2 = 6
tinggi: 2 . 2 = 4

Jadi, panjang kawat minimalnya,

Panjang rusuk balok = 2 . p . l + 2 . l . t + 2 . p . t
                              = 2 . 8 . 6 + 2 . 6 . 4  + 2 . 8 . 4
                              = 96 + 48 + 64
                              = 208 cm

Jadi, panjang tali minimalnya adalah 208 cm.
Semoga benar dan membantu, ya.

1 5 1