Jawabanmu

2014-06-11T15:45:21+07:00
Mungkin Jawa Barat,Karna banyak ank2  yg memainkan permainnan ini dipulau Jawa
7 2 7
Bentengan adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai 'benteng'.
Permainan ini berasal dari betawi.
2014-06-11T15:54:59+07:00
Bentengan adalah salah satu jenis permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak di pulau jawa. Di Jawa Barat, permainan ini disebut sebagai "Rerebonan", sedangkan didaerah lain dikenal dengan nama : priprisan, omer dan  jek-jekan.Permainan ini sangat digemari karena mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak peralatan. 
Dalam permainan Bentengan dikenal beberapa istilah yaitu :Tawanan; yaitu pemain yang keluar dari wilayahnya dan berhasil disentuh badannya oleh pemain lawan. Namun sebaliknya, jika tawanan tersebut kemudian berhasil disentuh badannya oleh teman lain dalam kelompoknya, maka pemain tersebut dianggap telah bebas. Tawanan harus berdiri disamping benteng lawannya hingga ada teman satu kelompok yang membebaskannyaBenteng; umumnya berupa 2 pohon yang saling berhadapan dengan jarak yang cukup jauh, bisa juga menggunakan tiang, tembok atau tongkat. Bahkan jika tidak ada lagi yang dapat digunakan, batu atau sandal bisa menjadi alternatif pilihan. Benteng adalah lambang kekuasaan dari kelompok, jika berhasil merebut benteng lawan, kelompok tersebut dianggap sebagai pemenangnya. Cara merebut benteng adalah dengan menyentuh benteng kelompok lawan dalam kondisi kosong (tidak ada pemain lawan yang memegangnya).Cara memainkannya, setelah "benteng" siap, para pemain akan dibagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah pemain sama banyak. Setiap anggota kelompok akan mempunyai tugas berbeda tergantung kepada kemampuannya. Seperti "penyerang" biasanya menjadi tugas pemain yang dapat berlari kencang. Kemudian ada yang bertugas sebagai  "mata-mata", "pengganggu" dan "penjaga" benteng, sesuai dengan kelebihan pemain dan kesepakatan kelompok.
5 4 5