Sebuah benda tingginya 4cm dikatakan 15cm didepan lensa cembung yg memiliki jarak fokus 10cm,hitunglah...
1.jarak bayangan benda
2.pembesaran bayangan
3.tinggi bayangan
4.sifat bayangan benda
5.besar kekuatan fokus lensa
pakai cara ya:)

2

Jawabanmu

2014-06-11T15:08:56+07:00
Lensa cembung fokus+
1/f=1/s+1/s'
1/10-1/15=1/s
1)=25
2)M=s'/s=25/15=5/3
3)M=h'/h 5/3=h'/4---->h'=20/3=6,6cm
4)mayua tegak diperbesar
5)100/f=d---->10D

Jawaban paling cerdas!
2014-06-11T15:28:39+07:00
Dik : ho = 4 cm
        so = 15 cm
        f = 10 cm
Tent : a. 111
              si   so    f
              111
              si  15   10
              111
             si    10 15
              132
             si    30 30
              11
             si    30
             si = 30 cm
          b. M = si
                     so
                   = 30
                      15
                   = 2
          c. sihi
             so   ho
              30hi
              15     4
              hi = 30 . 4
                        15
              hi = 120
                      15
              hi = 8 cm
           d. nyata,karena terletak di depan cermin. blm tau terbalik/tegak                      karena blm digambar garis istimewanya. blm tau                                          diperbesar/diperkecil karena blm tau dimana letak ruang benda.
           e. p = 1
                      f
                   = 1
                      10
                   = 0,1 dioptri
besar kekuatan fokus lensa 0,1 diptri atau 10?
0,1 dioptri