Jawabanmu

2014-06-16T19:58:20+07:00
Ilmu bebas nilai dalam bahasa Inggris sering disebut dengan value free, yang menyatakan bahwa ilmu dan teknologi adalah bersifat otonom. Ilmu secara otonom tidak memiliki keterkaitan sama seklai dengan nilai. Bebas nilai berarti semua kegiatan terkait dengan penyelidikan ilmiah harus disandarkan pada hakikat ilmu itu sendiri. Ilmu menolak campur tangan faktro eksternal yang tidak secara hakiki menentukan ilmu itu sendiri.

  Paradigma Ilmu Bebas NilaiIlmu bebas nilai dalam bahasa Inggris sering disebut dengan value free, yang menyatakan bahwa ilmu dan teknologi adalah bersifat otonom. Ilmu secara otonom tidak memiliki keterkaitan sama seklai dengan nilai. Bebas nilai berarti semua kegiatan terkait dengan penyelidikan ilmiah harus disandarkan pada hakikat ilmu itu sendiri. Ilmu menolak campur tangan faktro eksternal yang tidak secara hakiki menentukan ilmu itu sendiri.

Paradigma Ilmu Tidak Bebas Nilai ilmu yang tidak bebas nilai (value bond) memandang bahwa ilmu itu selalu terikat dengan nilai dan harus dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek nilai. Perkembangan nilai tidak lepas dari dari nilai-nilai ekonomis, sosial, religius, dan nilai-nilai yang lainnya.Menurut salah satu filsof yang mengerti teori value bond, yaitu Jurgen Habermas berpendapat bahwa ilmu, sekalipun ilmu alam tidak mungkin
bebas nilai, karena setiap ilmu selau ada kepentingan-kepentingan. 

Ciri Bebas Nilai beserta Contoh          Dikatakan bebas nilai jika kolompok kajiannya itu ilmu eksata. Karena ilmu eksakta itu bersifat ilmiah dan selalu bisa berubah definisinya terhadap sesuatu jika sesuatu tersebut bisa dibuktikan definisinya secara ilmiah. Serta pokok kajiannya tidak terbatas “ bebas nilai” Contohnya : zaman dahulu orang beranggapan bahwa bumi itu pusat tata surya, tetapi setelah ditemukannya teropong, anggapan tersebut musnah dan digantikan dengan matahari sebagai pusat tata suryaDikatakan tidak bebas nilai jika kelompok kajiannya itu ilmu sosial, karena ilmu sosial memiliki bahan kajian yang sempit, oleh katena itu dikatakan tidak bebas nilai.Contohnya: jika seorang ahli dibidang sosial mengatakan bahwa manusia itu adalah mahluk sosial, maka hanya sebatas itu kajiannya tidak menyebar ke kajian yang lain.
3 4 3