1. jelaskan kehidupan sosial kerajaan kediri?
2. jelaskan kehidupan ekonomi kerajaan singasari?
3. jelaskan 6 penyebab keruntuhan kerajaan majapahit?
4.jelaskan mengapa kerajaan samudra pasai disebut serambi mekah?
5.jelaskan mengapa kerajaan aceh menjadi kerajaan besar?
6. jelaskan 5 hasil kebudayaan kerajaan demak?
7. jelaskan kenapa dibentuk "Uli Lima" oleh ternate?
8.jelaskan keterlibatan portugis di kerajaan banten ?
9.jelaskan manfaat adanya kerajaan-kerajaan islam terhadap jaringan perdagangan di nusantara?
10. jelaskan 5 bentuk-bentuk akulturasi antara islam dan hindu budha?

minta bantuannya ya :)

1

Jawabanmu

2014-06-11T11:20:57+07:00
1.jelaskan kehidupan sosial kerajaan kediri?
masyarakat Kediri memakai kain sampai bawah lutut dan rambutnya diurai. Rumah-rumahnya rata-rata sangat bersih dan rapi. Lantainya dibuat dari ubin yang berwarna kuning dan hijau.
Pemerintahannya sangat memerhatikan keadaan rakyatnya sehingga pertanian, peternakan, dan perdagangan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Golongan-golongan dalam masyarakat Kediri dibedakan menjadi tiga berdasarkan kedudukan dalam pemerintahan kerajaan. 1) Golongan masyarakat pusat (kerajaan), yaitu masyarakat yang terdapat dalam lingkungan raja dan beberapa kaum kerabatnya serta kelompok pelayannya. 
2) Golongan masyarakat thani (daerah), yaitu golongan masyarakat yang terdiri atas para pejabat atau petugas pemerintahan di wilayah thani (daerah). 
3) Golongan masyarakat nonpemerintah, yaitu golongan masyarakat yang tidak mempunyai kedudukan dan hubungan dengan pemerintah secara resmi atau masyarakat wiraswasta.
Kediri memiliki 300 lebih pejabat yang bertugas mengurus dan mencatat semua penghasilan kerajaan. Di samping itu, ada 1.000 pegawai rendahan yang bertugas mengurusi benteng dan parit kota, perbendaharaan kerajaan, dan gedung persediaan makanan.
2. jelaskan kehidupan ekonomi kerajaan singasari?
Letak kerajaan Singosari di tepi sungai Bengawan Solo. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa masyarakatnya aktif dalam kegiatan perekonomian pelayaran. Selain itu, dengan suburnya bumi Jawa, maka sektor pertanian pun menjadi bagian dari aspek perekonomian yang maju di Singosari beserta hasil buminya. Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan oleh Kertanegara merupakan salah satu bukti bahwa negara berusaha meningkatkan kehidupan ekonominya dengan menguasai jalur perdagangan yang strategis


8 4 8