Jawabanmu

2014-06-10T19:45:20+07:00
Ekonomi terpusat
> semua yang mengatur pemerintah pusat
> tidak ada persaingan
> pemerataan sosial
> hak milik perseorangan tidak di akui
> tidak ada peran yang berarti dari perusahaan swasta
pada zaman sekarang sudah tidak ada lagi yang murni menganut sistem ekonomi terpusat, tapi kalo zaman dahulu terdapat korut, uni soviet, vietnam

ekonomi liberal
> semua roda perekonomian diserahkan ke perusahaan swasta
> hak milik perseorangan di akui
> kesenjangan yang sangat terasa
> adanya persaingan
usa, negara di daerah eropa
Jawaban paling cerdas!
2014-06-10T19:55:14+07:00
Perbedaan dari sistem ekonomi terpusat(komando) dan liberal adalah:
LIBERAL
- Masyarakat yang sangat kaya(kapitalis) bisa membuat perusahaan sebanyak-banyaknya sesuai kemauan 
- Bebas menjual barang apa saja yang dibutukkan oleh masyarakat
- Yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin
*Negaranya : Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Prancis 

TERPUSAT/KOMANDO
- Perusahaan yang dibuat dibatasi oleh pemerintah
- Kreativitas masyarakat untuk ekonomi tak akan dihargai oleh pemerintah dan tak bisa dijual ke pasar.
- Semua masyarakat tidak ada terlalu miskin dan terlalu kaya
*Negaranya : Rusia dan Republik Rakyat Cina/RRC(sekarang sudah banyak negara yang menggunakan sistem ekonomi campuran)


*Saya tidak mengopas dari web lain, kalau mau lapor harus ada bukti)
Thanks...