Jawabanmu

2014-06-10T19:18:21+07:00
Menentukan tema
memilih objek
melakukan pengamatan
menuliskan hal-hal yang terjadi
membuat kesimpulan
2014-06-10T19:20:53+07:00
EKSPLANASI
1.PENGERTIAN
Eksplanasi adalah karangan yang menerangkan atau menjelaskan proses dari suatu gejala alam maupun sosiokultural.

2. TUJUAN
Tujuan karangan eksplanasi adalah untuk menerangkan atau menjelaskan serangkaian proses dari suatu gejala atau fenomena alam maupun sosiokultural. Contoh: tulisan tentang dampak dari globalwarming, tentang proses meletusnya gunung Merapi, dsb.

3. STRUKTUR PARAGRAFH
Struktur dari suatu eksplanasi terdiri atas 3 bagian, yaitu: 
a. Penyataan Pengantar (General Statement): Mengidentifikasi proses, hal atau fenomena yang akan dijelaskan. Identifikasi biasanya akan dimulai dengan jawaban atas pertanyaan umum.
b. Serangkaian argumen (Eksplanasi): Penulis memaparkan serangkaian atau urutan mengapa peristiwa atau fenomena bisa terjadi.
c. Kesimpulan (Konklusi): mengakhiri penjelasan dengan meringkas poin utama yang timbul terjadi. Sebaiknya juga menambahkan akhir pernyataan tentang sudut pandang serta bagaimana semua faktor yang cocok bersama-sama untuk menciptakan peristiwa.

LANGKAH LANGKAH
1. Membuat strukturnya, yang terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).



3 4 3