1.suatu barisan aritmetika diketahui suku kedua 5 jumlah suku ke 4 dan ke 26 = 28.tentukan rasionya


2
@Sarnhye : done, check my answer below :)
@Sarnhye : Iya mbak, saya jawab lengkap dengan caranya. Scroll ke bawah yah...
@Icuk18sugiarto: iya terima kasih banyak ,anda telah membantu saya
@Sarnhye : Siip, sama-sama :)
@Icuk18sugiarto:iyaa

Jawabanmu

2014-06-10T20:01:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
suatu barisan aritmetika diketahui suku kedua 5 jumlah suku ke 4 dan 6=28.tentukan suku ke 9
Jawaban :
Rumus Umum :
Un = a + (n - 1)b

Sehingga Untuk Suku ke 2 :
U₂ = a + (2 - 1)b = 5
U₂ = a + b = 5.................(1)

Suku ke 4 :
U₄ = a + 3b

Suku ke 6 :
U₆ = a + 5b

Maka, Jumlah suku ke 4 dan ke 6 = 28
U₄ + U₆ = 28
(a + 3b) + (a + 5b) = 28
2a + 8b = 28...............(2)

Sehingga Untuk nilai "a" dan "b", eliminasi persamaan 1 dan 2 :
a   +  b = 5        |×2 | ⇒  2a + 2b = 10
2a + 8b = 28      |×1 | ⇒  2a + 8b = 28 -
                                         - 6b = -18
                                             b = -18/-6
                                             b = 3

Sehingga Untuk nilai "a", subtitusi nilai b = 3 ke persamaan 1 :
a + b = 5
a + 3 = 5
a = 5 - 3
a = 2

Sehingga Untuk suku ke 9 :
U_{n}= a+(n-1)b

U_{9}= 2+(9-1)3

U_{9}= 2+(8)3

U_{9}= 2+24

\boxed{U_{9}= 26}


iyaa
bagaimana caranya ya masih ada tugas saya tapi poin saya tinggal 10 saya tidak bisa mengajukan diposting pertanyaan .
jawab aja pertanyaan lain yang anda mengerti maka setiap anda menjawab maka poin dari pertanyaan tsb akan ditransfer ke akun anda
Komentar sudah dihapus
saya sudah mengajukan di posting pertanyaan,,tolong bantu saya menyelesaikannya...
Jawaban paling cerdas!
2014-06-10T20:19:15+07:00
 U_{2} = a + b \\  5 = a + b \\ a = 5 - b \\  \\  U_{4} +  U_{6} = a + 3b +a + 5b \\ 28 = 2a + 8b \\ diperkecil \\ 14 = a + 4b \\ 14 = (5 - b) + 4b \\ 14 - 5 = 3b \\ 9 = 3b \\ b=  \frac{9}{3}  \\  b = 3 \\  \\  U_{2} = a + b \\ 5 = a + 3 \\ a = 5 - 3 \\ a = 2 \\  \\  U_{9} = a + 8b \\  U_{9} = 2 + (8 x 3) \\  U_{9} = 26
terimakasih banyak anda telah membat
terimakasih banyak anda telah membantu saya
iya, sama-sama
Komentar sudah dihapus