Jawabanmu

2014-06-10T18:35:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Apa saja struktur teks anekdot?
jawab : abstrak, orientasi, evens, krisis, reaksi, coda, reorientasi
6 2 6
2014-06-10T19:08:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.     Perhatikan struktur anekdot :
1.       
Koda

2.        Krisis
3.       
Abstraksi

4.       
Reaksi

5.       
Orientasi

Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….
A.      3-5-4-2-1
B.      
3-5-2-4-1

C.      
3-4-5-2-1

D.      3-2-4-5-1
E.      
3-4-2-5-1

Bacalah teks anekdot berikut ini untuk soal nomor 2-3
(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “ Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce

2. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….

A.
(1)
      B (2)     C (3)    D (4)      E.(5)

3. Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …

A.     
Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menjaminkan mobilnya.

B.      
Seorang pemilik Roll Royce meminta bank menahan mobilnya sampai utangnya lunas.

C.      
Seorang pemilik Roll Royce membayar utang dan mengambil mobilnya.

D.     
Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menitipkan mobilnya dengan cara menjaminkan mobil tersebut.

E.      
Seorang pemilik Roll Royce memberikan jawaban yang membuat si petugas bank melongo dan tertawa.

4. Bacalah teks anekdot berikut ini secara saksama!
Albert Einstein   :     Mengapa bebek-bebek suka sekali menyeberangi jalan raya? Newton             :    Bebek-bebek yang suka berdiam diri cenderung akan berdiam terus, sedangkan bebek-    bebek yang senang bergerak ya akan begitu terus, termasuk mereka yang selalu senang menyeberangi jalan raya itu. Albert Einstein : Saya kira tidak begitu. Apakah bebek-bebek yang menyeberangi jalan raya atau jalan raya yang menyeberangi bebek-bebek? Saya kira hal itu bergantung pada cara kita     memandangnya alias sesuai dengan hukum relativitas. Tokoh yang melatarbelakangi anekdot di atas adalah ….
A.     
agamawan

B.       ilmuwan
C.      
negarawan

D.     
politikus

E.      
sejarawan

Cermati teks anekdot berikut ini untuk soal nomor 5-! Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.

5. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …

A.     
Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.

B.      
Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.

C.      
Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara.

D.     
Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.

E.      
Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.

14 3 14