Jawabanmu

2014-06-30T21:01:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ceritakan pengalaman kalian tentang cara mendirikan tenda untuk berkemah!
Berikut adalah langkah-langkah pada tahap awal hingga akhir dalam mendirikan tenda sesuai dengan pengalaman saya.
A.
Tahap awal
Pada tahap pertama ini, saya dan teman saya menentukan tempat yang cocok untuk mendirikan tenda.   
Berikut adalah syarat-syarat memilih tempat untuk mendirikan tenda.

1.   
 Pertama, tempat itu harus aman. Aman berarti jauh dari gangguan binatang buas dan berbahaya, serta jauh dari tempat yang rawan bencana alam, seperti tanah longsor.

2.   
 Setelah itu, lihat kondisi tanah, pilihlah tanah yang permukaanya rata, bukan tempat yang tergenang air.

3.     Selanjutnya, jika ada pilihlah tempat yang dekat dengan sumber air serta yang indah  pemandanganya.
  B .Tahap kedua Pada tahap kedua ini, saya dan teman seregu saya akan mulai mendirikan tenda. Ada 10 orang dalam regu kami. Diantaranya adalah, Mira, Via, Rindy, Dea, Windy, Devi, Prita, Rosa, Laras, dan saya sendiri. Kami bersepakat untuk membagi tugas. 4 orang teman saya bertugas mendirikan tenda,  3 orang bertugas membersihkan lingkungan sekitar tenda, dan sisanya menyiapkan bahan-bahan untuk proses perkemahan.   Saya mendapat tugas untuk mendirikan tenda. Sebelum mendirikan tenda, kami mempersiapkan alat dan bahan untuk mendirikan tenda yang telah kami bawa dari rumah. Contohnya seperti, tenda, tongkat, tali pramuka, pasak, dan palu. Berikut adalah langkah-langkah dalam mendirikan tenda.
1.     Pertama, kami meletakkan tenda di atas tanah yang datar dengan bagian dalam atau bagian punggung tenda berada di atas.
2.   
Lalu, kami memasang 3 tongkat tenda. Masing - masing tongkat itu kami letakan di bagian depan pintu tenda, belakang pintu tenda, serta bagian tengah tenda. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan kita untuk mendirikan tenda.

3.   
Setelah itu, kami memasang dua patok pada garis tengah tenda.

4.    Kemudian, kami membagi tugas. 2 orang teman saya bertugas mengangkat, mendirikan, dan memegangi tiang. Sedangkan, saya dan Mira bertugas untuk menarik tali-tali tenda yang telah disiapkan. Saya menggunakan tali simpul pangkal pada ujung tongkat untuk pintu bagian depan dan  belakang tadi.
5.
Setelah itu, tarik tali simpulan tadi dan ikatkan tali tersebut dengan patok. Patok untuk tali bagian pintu ini, kami memasang 4 patok, 2 untuk pintu depan, serta 2 untuk pintu belakang. Patok ini kami pasang menyilang agak jauh dari tenda, hingga kepala patok menembus tanah. Patok ini kami kubur dengan tanah sedikit, sebab agar tidak terjadi kecelakaan kecil yaitu mengenai kaki atau tersandung.

6.  Setelah itu, pada bagian sisi pinggir kanan dan kiri tenda terdapat tempat untuk mengikatkan tali (dinding tenda). Pada tenda kami terdapat 5 lubang tali.  Berarti, kami membutuhkan 6 patok. Kami mengambil 1 tali pramuka. Kami memulai dengan bagian dinding tenda sebelah kanan. Awalnya, kami mengikatkan tali mulai dari yang paling depan sebagai acuan dengan patok. Kami menali di patok dengan simpul mati. Lalu, kami memasukkan tali itu ke lubang pertama.
7.
Selanjutnya, kami mengikatkan tali ke patok yang kedua, lalu kami pasang patok itu di tanah secara kuat. Pemasangan patok ini kami bentuk secara zig-zag.  

8.
Setelah itu, dengan cara yang sama kami lakukan hingga patok kelima. Selajutnya pada patok kelima ini, kami masukkan ke lubang tali terakhir, lalu kami ikatkan pada patok terakhir dengan kuat, seperti letak pemasangan pada patok yang terakhir ini sama seperti letak pemasangan patok yang pertama yaitu lurus dengan patok-patok sebelumnya. Cara ini kami lakukan sama dengan pemasangan patok untuk pinggir tenda bagian kiri. Setelah selesai pemasangan tali dan patok, cek semua ikatan dan kuatkan agar tenda tidak mudah roboh. Kami berusaha mendirikan tenda ini serapi mungkin.

  C .Tahap ketiga Pada tahap ketiga ini, saya dan teman seregu saya mulai menata bagian dalam tenda, memasukan tas-tas dan perabot lain, serta merapikan tenda. Kami menggelar tikar di dalam tenda. Selain itu kami juga  membuat tempat sepatu, tempat piring, tempat jemuran pakaian dari tali pramuka dan tongkat. Kebersihan dan kerapian tenda ini mendapat penilaian dari kakak-kakak pramuka dewan penggalang di sekolah kami.  
Kegiatan pramuka ini mengajarkan saya tentang banyak hal, dari mulai ketrampilan, kerjasama, dan tolong menolong. Ini adalah pengalaman yang sangat berkesan bagi saya. Dan begitulah akhir dari cerita pengalaman saya. Terimakasih.


15 3 15